Cerpen-cerpen Pilihan Kompas 1992—2002: Analisis Struktur

Maini Trisna Jayawati, Atisah, Jonner Sianipar

Penelitian ini mendeskripsikan gagasan yang terdapat dalam cerpen pilihan Kompas tahun 1992—2002 dan mencari benang merah yang menghubungkan cerpen-cerpen itu ke dalam gagasan yang sama setiap tahunnya. Gagasan itu dapat diketahui melalui penokohan, pengaluran, dan pelataran yang membangun keutuhan cerita.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme yang terfokus pada keutuhan karya sastra. Buku-buku yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini, antara lain Sapardi Djoko Damono Sosiologi Sastra, dan Panuti Sudjiman Memahami Cerita Rekaan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada umumnya cerpen pilihan Kompas 1992—2002 menggunakan teknik sorot balik. Cerita dimulai pada bagian tengah. Tokoh-tokoh utama yang menggerakan cerpen-cerpen yang menjadi sumber data pada umumnya merupakan tokoh-tokoh yang terabaikan. Latar waktu umumnya hanya menunjuk pada satu waktu atau bagian dari satuan waktu atau keadaan waktu saja, seperti sehari, seminggu, pagi, siang, sore atau malam dan pada umumnya berlatarkan sosial kelas menengah. Dari ketiga puluh cerpen yang menjadi data penelitian dapat dikelompokan dalam lima dunia yang berbeda, tempat para tokoh cerita bergerak sekaligus menentukan gagasan cerita, antara lain; dunia wanita, dunia perkebunan, dunia rakyat kecil, dunia rakyat kampung yang dilatarbelakangi oleh kehidupan modern dan berkecukupan di kota, serta dunia mistik atau alam gaib.