Judul: Ironi dalam Sajak Goenawan Mohamad

Penulis: Abdul Rozak Zaidan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis aspek ironi yang terkandung dalam sajak Goenawan Mohamad. Dengan cara itu, diharapkan dapat dicapai pemahaman tekstual lebih jauh tentang sajak Goenawan Mohamad. Sajak Goenawan Mohamad yang dijadikan korpus penelitian disajikan secara lengkap, kemudian diparafrasekan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode struktural yang dikembangkan oleh New Criticism. Dengan metode itu, karya yang dikaji dianalisis secara tekstual tanpa mengaitkan hal di luar teks. Dalam penerapannya dilakukan langkah analisis teks. Selanjutnya, diamati ciri ujaran ironi yang ada serta makna yang tersirat di dalamya.

Kajian atas ironi sebagai sarana literer Goenawan Mohamad yang utama dipumpukan pada ciri dan jenis ironi. Kajian atas jenis ironi menunjukkan bahwa beberapa sajak Goenawan Mohamad mengandung jenis ironi verbal sebagai bagian struktur pengucapan ironi. Jenis ironi lainnya adalah ironi struktural yang terdapat dalam sajak yang panjang. Jenis ironi terakhir adalah ironi tragis yang terdapat pada sajak yang mampu menciptakan situasi ironis.