UKBI

Selamat Datang di Situs Resmi UKBI Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa || UKBI Teruji Lebih Terpuji ||

Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek) menolak kebijakan pemerintah atas keberadaan tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan masih tingginya angka pengangguran dan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dialami pekerja di Indonesia.

Selengkapnya...

Masyarakat kembali dikejutkan dengan kebijakan kontroversial pemerintah terkait aturan ketenagakerjaan bagi tenaga kerja asing (TKA). Melalui Permenaker No 16/2015 tentang Tata Cara Penggunaan TKA, pemerintah menghapus syarat berbahasa Indonesia bagi TKA yang ingin bekerja di Indonesia. Penghapusan keharusan berbahasa Indonesia bagi TKA ini tentu patut dikritisi, mengingat kebijakan ini sangat kontraproduktif bagi identitas bangsa dan nasib tenaga kerja lokal.

Selengkapnya...

JAKARTA, Indonesia — Peserta demo buruh di depan Istana Negara hari ini, Selasa, 1 September, mengungkapkan kegelisahannya terkait kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di tanah air. Di satu sisi, mereka mengakui kompetensi para pekerja asing. Namun di lain sisi, buruh dalam negeri mengkritisi aturan pemerintah yang terkesan terlalu longgar untuk syarat bekerja para TKA.

Selengkapnya...

MEMASUKI era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun ini para tenaga kerja asing (TKA) yang hendak bekerja di Indonesia harus belajar dan  mahir menggunakan bahasa Indonesia. Untuk itu, tes kemampuan bahasa Indonesia segera diberlakukan dan menjadi salah satu syarat wajib para TKA.

Selengkapnya...

Layanan Administrasi

Layanan Administrasi Untuk masuk ke halaman Layanan Administrasi Klik Disini.

Data Hasil Pengujian

DATA HASIL PENGUJIAN Untuk melihat data hasil pengujian Klik Disini

Laman Unduh

Hubungi Kami

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun
Jakarta 13220
Telepon: (021) 4750406, 4706287, 4706288
Faksimile: (021) 4750407