UKBI

Selamat Datang di Situs Resmi UKBI Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa || UKBI Teruji Lebih Terpuji ||

MEMASUKI era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun ini para tenaga kerja asing (TKA) yang hendak bekerja di Indonesia harus belajar dan  mahir menggunakan bahasa Indonesia. Untuk itu, tes kemampuan bahasa Indonesia segera diberlakukan dan menjadi salah satu syarat wajib para TKA.

Mereka akan dites kemampuan berbahasa Indonesia melalui Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) sesuai jenjang melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa atau disingkat Badan Bahasa.

''Hal ini kita lakukan sebagai salah satu cara memagari dan menyeleksi para TKA sekaligus menyaring agar mereka menjunjung bahasa Indonesia,'' kata Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kemendikbud, Yeyen Maryani, pada acara Workshop Bahasa Indonesia yang diselenggarakan desk Bahasa Harian Media Indonesia di Jakarta, Rabu (18/2). Acara tersebut dibuka Kepala Divisi Content Enrichment Media Indonesia Teguh Nirwahyudi dan Redaktur Bahasa Dony Tjiptonugroho.

Menurut Yeyen dalam mempersiapkan materi UKBI pihaknya telah membahas bersama dengan Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

"Ya pihak Badan Bahasa telah bertemu dan berkoordinasi dengan Kemenaker mematangkan hal ini. Nantinya Kemenaker akan menerbitkan semacam peraturan tentang tata cara penggunaan TKA," ungkapnya.

Ia menyatakan Badan Bahasa telah siap mewujudkan kerjasama dengan Kemenaker guna menyaring para TKA melalui UKBI yang merupakan satu satunya alat uji bahasa yang telah menjadi hak cipta Badan Bahasa. (Bay/H-2)

Sumber: mediaindonesia.com

Layanan Administrasi

Layanan Administrasi Untuk masuk ke halaman Layanan Administrasi Klik Disini.

Data Hasil Pengujian

DATA HASIL PENGUJIAN Untuk melihat data hasil pengujian Klik Disini

Laman Unduh

Hubungi Kami

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun
Jakarta 13220
Telepon: (021) 4750406, 4706287, 4706288
Faksimile: (021) 4750407