Berdasarkan pengamatan berbagai pihak, salah satu faktor penyebab korban Covid-19 masih tinggi adalah ketidakpahaman masyarakat tentang bahaya Covid-19, terutama terkait kosakata dan istilah asing yang tidak dipahami.Berdasarkan pengamatan berbagai pihak, salah satu faktor penyebab korban Covid-19 masih tinggi adalah ketidakpahaman masyarakat tentang bahaya Covid-19, terutama terkait kosakata dan istilah asing yang tidak dipahami.

Untuk menindaklanjuti hal itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 menyusun buku Pedoman Perubahan Perilaku dalam 77 Bahasa Daerah. Buku tersebut memuat pedoman perubahan perilaku yang berkaitan dengan protokol kesehatan 3 M untuk masyarakat dalam 77 bahasa daerah.

Pedoman Perubahan Perilaku menjadi langkah strategis pemerintah untuk menyebarkan kampanye positif pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam hal ini, perubahan perilaku masyarakat diharapkan mencakup tiga hal, yaitu (1) iman, yaitu beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, (2) aman, yaitu patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (memakai masker, menjaga jarak menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun), dan (3) imun, yaitu istirahat cukup, olahraga teratur, tidak panik, bergembira, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

*Pedoman tersebut dapat diunduh melalui tautan: https://s.id/Pedoman3M

Lampiran:

No Judul Dokumen Tanggal unggah Unduh
Tidak ada data.