Memanfaatkan Siniar sebagai Media Pembelajaran
Teknologi informasi dan
digital dalam pendidikan memiliki peran penting untuk menambah variasi model media
pembelajaran dengan memanfaatkan media audio, video, dan multimedia. Media
pembelajaran membantu guru untuk menciptakan metode
pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk secara aktif melakukan
interaksi dengan berbagai sumber belajar. Melalui penyediaan media pembelajaran dan
metode pembelajaran yang tepat, peserta didik dapat aktif berinteraksi dengan
sumber belajar sehingga
guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran. Salah satu
bentuk model pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan digital adalah model pembelajaran dengan memanfaatkan media audio. Media audio
pembelajaran merupakan alat bantu yang sederhana, meskipun begitu media tersebut dapat membantu para peserta didik dapat berpikir dengan baik,
menumbuhkan daya ingat, dan
mempertajam pendengaran.
Teknologi informasi dan
digital yang sedang menjadi tren saat ini adalah siniar (podcast). Siniar adalah
satu bentuk hiburan baru dalam bentuk format audio dan belakangan juga bisa
dinikmati dalam bentuk audiovisual. Siniar merupakan rekaman yang berisi obrolan dengan
durasi setengah jam sampai dengan satu jam berisi topik yang menarik dan
spesifik. Biasanya siniar dibawakan secara monolog, dialog, atau
beramai-ramai (multi host podcast).
Banyak yang menganggap siniar mirip siaran radio karena dalam siniar biasanya membahas berbagai topik terutama yang sedang hangat dalam
bentuk suara. Dalam
siniar topik obrolan dapat dipilih sesuai
keinginan, yaitu mulai dari tema olahraga, horor, perempuan, komedi, hingga obrolan
santai beragam disediakan..
Platform untuk mendengarkan siniar pun sudah banyak tersedia. Penikmat siniar bisa mendengar di berbagai layanan streaming
seperti Spotify, Anchor, Google Podcast, Apple Podcast, Soundcloud dan Youtube.
Di
Indonesia sudah ada platformnya tersendiri, yaitu NOICE. Pada aplikasi
NOICE terdapat banyak
pilihan podcaster dan siniar. Aplikasi ini di
bawah naungan PT. Mahaka Radio Digital. Beberapa nama siniar yang sudah terkenal dan banyak digemari di Indonesia adalah siniar Dedy Corbuzier, Raditya Dika (PORD), t Awal Minggu Adriano Qalbi,
Berizik, Retropus, Makna Talks dan beberapa podcast terkenal dari podcaster perempuan, antara lain
Rintik Sedu, Podcastery Jurnalrisa, Suara Puan, Story March, dan Fitrop.
Berdasarkan jumlah
penonton siniar dapat diketahui bahwa masyarakat semakin banyak menonton dan menggunakan
konten siniar ini. Hal tersebut mengindikasikan bahwa siniar memiliki
tempat di hati pemirsa. Melalui
siniar masyarakat dapat menerima informasi baru yang menarik dalam
konteks teks dan gambar, serta menyenangkan dalam konten audio yang dapat menghibur. Siniar merujuk
pada pembuatannya atau syndication file audio ataupun video dan
mempublikasikannya melalui internet sehingga file tersebut dapat diunggah ke komputer atau perangkat elektronik lainnya
yang bergerak (mobile). Siniar bisa
dihadirkan pada laman, portal dan RSS (Really Simple Syndication) Reader yang mendukung file audio. RSS
versi 2.0 dapat mengenali dan membaca file audio, seperti MP3. RSS yaitu satu
sistem sindikasi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi konten termutakhir dari sebuah laman secara
otomatis.
Format perangkat siniar yang
berkembang sampai saat ini terbagi menjadi tiga, yaitu audio siniar, enhanced siniar, dan video siniar. Audio siniar merupakan
siniar yang
isinya audio. Format ini merupakan tipe siniar yang paling
populer karena file audio dikompresi dalam format digital MP3 (MPEG-1 atau
MPEG-2 Audio Layer III) sehingga bisa diputar melalui semua perangkat pemutar
audio yang mendukung format MP3. Sedangkan enhanched siniar tidak hanya
menghasilkan suara tetapi juga menghasilkan gambar file audio berjalan. Selanjutnya video siniar yang dapat menghasilkan
file video yang kebanyakan dalam format MP4 (MPEG-4).
Penelitian Faiza Indriastuti dan
Wawan Tri Saksono yang dimuat dalam Jurnal Teknodik Vol. 18 No. 3, Desember
2014, berjudul Podcast Sebagai
Sumber Belajar Berbasis Audio memberikan informasi menarik tentang
pemanfaatan siniar untuk pembelajaran. Penelitian tersebut menghasilkan temuan yang menarik, yaitu pertama, siniar melampaui
batas ruang dan waktu. Siniar diciptakan untuk dapat diunduh dan disimpan dalam
perangkat komputer maupun mobile.
Pemanfaatannya
pun dapat didengarkan kapan saja dan
di mana saja. Hal tersebut memungkinkan
penggunaannya bersamaan dengan melakukan aktivitas lain, misalnya melakukan
pekerjaan rumah atau sambil berkendara.
Kedua, siniar mengatasi
keterbatasan pengalaman. Artinya, jika
sebuah objek yang diinginkan tidak dapat ditemukan atau dialami secara
langsung, objek sumber belajar (dalam
bentuk siniar) dapat dihadirkan.
Misalnya, tentang kebudayaan di luar daerah, musik,
bunyi-bunyi atau suara (sound effect).
Ketiga, siniar merupakan
media pembelajaran yang efektif dan efisien. Siniar ini disebut
efektif karena dapat digunakan sebagai media belajar dan pembelajaran yang
variatif, perangkat pemutarnya (player)
sederhana, mudah
ditemukan, dan dapat didengarkan di mana saja, kapan saja bahkan bagi yang terbiasa multitasking dapat mendengarkan sambil
melakukan aktivitas atau pekerjaan rumah
lainnya.
Sininar ini
disebut efisien karena praktis dan ramah bandwidth.
Praktis artinya dapat dibawa ke mana pun dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang sedikit karena ukuran
filenya kecil, sedangkan ramah bandwith
disebabkan format audio digital yang diunggah (file size) berukuran kecil sehingga meringankan proses pemutaran
secara langsung (streaming) dan
pengunduhan .
Melalui siniar kuota data internet tidak banyak terpakai sehingga akan meringankan orang tua siswa. Siniar adalah salah
satu media pembelajaran jarak jauh yang sangat membantu kegiatan pembelajaran. Siniar membantu
guru untuk mengajak para siswa membangun kreativitas dan pernalaran. Guru bisa meminta siswanya menjadi podcaster dengan mengisi konten siniar. Kegiatan lainnya juga dapat berbentuk kelompok podcaster di sekolah sebagai sebuah
ekstra kurikuler layaknya studio radio. Kelincahan guru memanfaat media pembelajaran
sebagai sarana penyampaian materi dengan
memanfaatkan teknologi digital memudahkan guru menyampaikan materi dan siswa menerima
materi dalam pembelajaran.
Dalam praktik
pembelajaran bahasa Indonesia dan sastra, guru dapat meminta siswa untuk
menyimak sebuah video melalui siniar yang mengangkat tema mengenai sebuah drama,
kemudian siswa diminta membuat ringkasan dari siniar tersebut dan membacakan
hasil tulisannya pada saat kelas tatap muka. Praktik ini memberikan dampak
positif untuk siswa, yaitu siswa memiliki keterampilan menyimak, menulis, membaca, dan berbicara sekaligus. Pada
pertemuan belajar selanjutnya, guru dapat meminta siswa membuat siniar yang
berdurasi kurang lebih 30 menit dengan tema sesuai pembahasan pada materi
pembelajaran, misalnya bertema tentang “Dampak Penggunaan Plastik yang
Berkesinambungan, Efisiensi Penggunaan Air Bersih, Transportasi Umum sebagai
Moda Tranportasi Utama di Kota-kota Besar”.. Hasil dari siniar berpeluang sebagai
cara penilaian guru terhadap siswa dengan berbagai kriteria yang ditetapkan
guru, misalnya tema yang dipilih menarik, kekompakan kelompok, dan peran serta setiap
kelompok, serts berbagai kriteria penilaian lainnya.
Siniar memberikan kesempatan bagi pendidik untuk menyebarkan konten audio
yang interaktif, yang didengarkan oleh pemelajar kapan pun dan di mana pun. Seorang pemelajar hanya perlu untuk
berlangganan ke beranda siniar dan dengan seketika pengajar dapat mengirim konten edukasi kepada mereka tanpa harus
ditunggu. Siniar dapat
dengan mudah digunakan di sekolah untuk meningkatkan proses
pembelajaran.
Siniar dalam pendidikan memberikan hasil yang positif karena
didukung dengan mudahnya proses
produksi dan distribusi konten serta berbagai cara bagaimana siniar dapat meningkatkan pengalaman
belajar. Beberapa pengalaman belajar yang didapatkan dengan menggunakan siniar
sebagai berikut.
<!--[if !supportLists]-->1.
<!--[endif]-->Sumber informasi yang kreatif. Siniar merupakan
media pembelajaran yang
informatif dan disusun dengan langkah cepat, serta menghibur sehingga
memudahkan siswa memahaminya. Hal tersebut tidak berarti setiap pengajar harus memproduksi siniar sendiri, mereka dapat menggunakan siniar gratis yang sudah ada. Banyak sumber
yang dapat diambil, misalnya iTunes, Spotify, dan Google Music.
<!--[if !supportLists]-->2.
<!--[endif]-->Ditujukan untuk meningkatkan pemahaman. Peran dari siniar, yakni meningkatkan keterampilan
pemahaman melalui mendengar. Siswa mampu menyerap lebih banyak informasi
saat mereka mendengarkan dibandingkan dengan membaca. Hal tersebut mendorong
proses diskusi, yang dapat mendorong berpikir kreatif dan komunikasi terbuka
antara pengajar dan pemelajar.
<!--[if !supportLists]-->3.
<!--[endif]-->Instrumen untuk belajar bahasa asing. Kelebihan lain dari siniar sebagai media belajar, yakni kemampuan untuk
mengasah keterampilan bahasa asing. Dengan mendengarkan kata-kata yang tidak
akrab dapat membantu siswa belajar pelafalan yang benar dan makna yang kontekstual,
terutama apabila mereka dapat membuat catatan.
<!--[if !supportLists]-->4.
<!--[endif]-->Meningkatkan hubungan dengan siswa. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi, ada semacam
jarak yang memisahkan siswa dan guru. Dengan menggunakan siniar di kegiatan pembelajaran, guru dapat memasuki dunia siswa yang menggemari teknologi.
<!--[if !supportLists]-->5.
<!--[endif]-->Menstimulasi kemampuan berpikir kreatif. Siniar juga dapat dimanfaatkan untuk
menstimulasi kemampuan berpikir kreatif, kritis, dan talenta artistik. Salah
satunya dengan cara memberikan beberapa siniar tentang berpikir kreatif dan
mengimplementasikannya ke dalam sebuah proyek.
Daftar Pustaka
Indriastuti
Faiza dan Wawan Tri Saksono, “Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio”. Jurnal Teknodik, Vol. 18 No. 3, Desember 2014.
https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/136
http://theelearningcoach.com/elearning2-0/podcasts-for-elearning/
https://www.thepodcasthost.com/niche-case-study/podcasting-in-education/
https://www.emergingedtech.com/2017/08/how-teachers-can-leverage-podcasts-as-a-learning-tool/
Jatu Kaannaha Putri
...