Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia


Penggunaan internet dewasa ini terbukti sangat tinggi tingkat penggunaannya. Masyarakat Indonesia gemar mengakses berbagai konten melalui media digital. Internet memiliki banyak kelebihan, antara lain 1) mendukung koneksi jaringan untuk world  wide  web, 2) menghubungkan  situs resmi dalam koneksi web, 3) membangunkan software dengan sumber yang  terbuka  atau tertutup, 4) semua dapat mengakses dari berbagai latar belakang budaya dan literasi, 5)  dapat digunakan sebagai alat mengirim pesan, seperti pos-el,  chat, instant  messaging, 6) dapat membuat blog dan situs jejaring sosial, 7) berfungsi sebagai hiburan seperti gim dan kelompok sosial, dan 8) sebagai alat komunikasi  yang  difasilitasi  secara  digital  dan mudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bidang pendidikan, internet digunakan dalam metode pembelajaran daring atau e-learning. Hasil penelitian (Sabran & Sabara, 2014:122) menjelaskan bahwa menggunakan media baru merupakan pemanfaatan yang adaptif karena mampu mengirimkan serangkaian solusi dalam metode belajar mengajar. Penggunaan media baru dalam hal ini internet, dengan tujuan digunakan untuk media pembelajaran, salah satunya yang dibuat oleh Google yaitu Google Classroom untuk digunakan dalam kegiatan belajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Google Classroom yang memanfaatkan internet menjadi media   digital yang diperlukan sebagai literasi media. Ada banyak fitur-fitur yang mampu  dimanfaatkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya untuk materi membaca sehingga kualitas pemahaman siswa terhadap bacaan pun meningkat. Guru dapat memberikan instruksi siswa untuk  membaca sebuah artikel atau bacaan yang telah diunggah di google classroom, kemudian siswa diminta untuk melaporkan hasil bacaan tersebut dalam bentuk tulisan.

Tulisan tersebut kemudian dikirimkan melalui aplikasi Google Classroom yang merupakan bagian dari tugas dan evaluasi tingkat pemahaman siswa terhadap bahan bacaan.  Salah satu fitur yang akan sering digunakan oleh para guru yang menggunakan fasilitas ini adalah Create Assignment. Pada tahap ini, dari empat keterampilan pelajaran Bahasa Indonesia, antara lain membaca, menulis, menyimak, dan berbicara, telah dicapai keterampilan membaca dan menulis bagi siswa yang telah membuat laporan hasil bacaan dan mengirimkannya.

Fitur  lain  pada Google Classrom yang berfungsi untuk berinteraksi adalah Create Question. Fitur ini dapat digunakan untuk memberikan pertanyaan kepada siswa sebagai bahan evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa pada bahan bacaan yang diberikan. Fitur ini memiliki kelebihan tenggang waktu, yang artinya adalah guru dapat memberikan tenggang waktu atau batas waktu dalam mengunggah jawaban.

Fitur lain adalah Create Material yang berfungsi untuk mengirimkan file materi dalam berbagai format seperti word,   power   point,  dan  pdf, word serta materi mudah diunduh untuk didapatkan. Fitur lain create  topik yaitu merupakan fitur yang bisa digunakan untuk membuat topik  bahasan  yang  akan  dibahas  di  kelas virtual  atau  melalui Google  Classroom  sehingga siswa bisa berpartisipasi aktif membicarakan materi  tersebut baik  di  kelas    biasa  maupun  di kelas Google Classroom. Apabila siswa masih ingin  menggunakan tayangan yang sudah ada dan tidak mengulangnya maka fitur reuse  post menjadi  solusi  yang  dapat digunakan.  Selain  itu,  guru dapat menambahkan pertanyaan dan mengeditnya, juga dapat langsung dibagikan ke grup kelas yang akan dituju. Dalam praktik penggunaannya, Google Classroom sangat mudah untuk digunakan dalam kegiatan  pembelajaran.  . 

Google  Classroom merupakan  sarana memperlancar komunikasi jarak jauh    antara guru dan siswa  terutama  dalam  kelas daring. Sarana belajar bersama, menerima   dan   membaca   materi,   mengirimkan tugas  secara  jarak  jauh  hingga  menyajikan  nilai tugas   secara   transparansi.   Semua   siswa yang   terlibat   dalam   proses   pembelajaran   ini mendapatkan kesempatan yang sama.

Manfaat  dari  Google  Classroom dapat menjadi sarana belajar bersama, menerima dan   membaca materi bacaan bersama,   mengirimkan tugas  dari   jarak   jauh,   dan   dapat   melihat langsung  nilai  tugas  yang  diberikan  oleh  guru. Fleksibilitas waktu   dan   tempat   lebih   terasa   karena   tidak terikat dengan jadwal yang harus bertatap muka, kecuali  saat  diadakannya  konsultasi.  Selain  itu menjadikan lebih mandiri dalam memahami suatu materi  ataupun  tugas  yang  diberikan.

Memanfaatkan Google Classroom sebagai proses pembelajaran dapat  membuat  siswa sebagai partisipan mampu mengarsipkan tugas dan menghubungkannya dengan penyimpanan pada Google Drive. Fleksibilitas waktu dan tempat juga membuat Google  Classroom menjadi  proses  pembelajaran yang disukai. Selain menjadikan siswa lebih mandiri juga membuat sesi diskusi layaknya kelas tatap muka tetap dapat terjalin.

Dapat disimpulkan bahwa Google  Classroom  bermanfaat sebagai salah satu media digital untuk mempermudah siswa memahami materi bacaan yang diberikan oleh guru.  Penggunaan waktu  yang fleksibel membuat belajar di mana pun tanpa terbatas hanya saat kelas. Pada proses pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom yang harus ditingkatkan adalah  kesiapan  guru untuk memberikan instruksi pembelajaran e-learning dengan baik dan tepat. Guru juga harus mampu memfasilitasi untuk siswa berkonsultasi dalam penggunaan Google Classroom supaya maksimal serta memotivasi pembelajaran Google Classroom agar semakin aktif.   

 

 

Daftar Pustaka

Sabran, & Sabara, E. (2014). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual, 122–125

 

 

Jatu Kaannaha Putri

...

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa