Kedhalu, Bahasa sang Peramu

Kalau boleh dikatakan, bahasa Indonesia itu seperti lukisan: elok dipandang dan beragam jenisnya. Lebih-lebih, jika bahasa ditilik dalam bingkai karya sastra. Bahasa puisi, cerpen, ataupun novel cenderung mendayu-dayu, elastis, sintesis, bahkan memiliki “rumus”. Demikian halnya dalam novel Nibiru dan Kesatria Atlantis karya Tasaro G.K. Sebuah bahasa baru terlahir darinya dan mulai “menggeliat”.

Novel ini ingin mengajak pembacanya masuk ke dalam dunia Atlantis. Apalagi pada awal kisah dipaparkan sebuah prasasti batu berbahasa Kedhalu yang merupakan akhir dari peradaban besar zaman Atlantis. Seolah-olah itu adalah siasat si Tasaro untuk menciptakan suasana nyata dan dramatis. Penyebutan bahasa Kedhalu pun kerap kali muncul. Kalimat perintah, makian, sumpah serapah, bahkan percakapan antartokoh tak lepas dari bertutur dengan bahasa daerah setempat.  

Komposisi novel tersebut secara teoretis mencerminkan bagaimana pengarang mampu menciptakan hal-hal yang baik dan indah dibaca. Terkait dengan hal itu, <!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_ITEM CSL_CITATION {"citationID":"EuBy33dJ","properties":{"formattedCitation":"(Faruk, 2010)","plainCitation":"(Faruk, 2010)","noteIndex":0},"citationItems":[{"id":50,"uris":["http://zotero.org/users/local/SNJ6SfSG/items/X79ZN7UU"],"itemData":{"id":50,"type":"book","event-place":"Yogyakarta","publisher":"Pustaka Pelajar","publisher-place":"Yogyakarta","title":"Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme","author":[{"family":"Faruk","given":"Faruk"}],"issued":{"date-parts":[["2010",7,9]]}}}],"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw/master/csl-citation.json"} <![endif]-->Faruk (2010)<!--[if supportFields]><![endif]--> mengatakan bahwa kehidupan yang dijalani adalah sebuah realitas. Kehidupan yang nyata dengan segala aspeknya membuat individu tertentu memandangnya dengan sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang (point of view) terletak pada cara pengungkapannya, yaitu melalui media karya sastra. Jadi, karya sastra adalah diorama mengenai kehidupan. Lukisan kehidupan itu disusun seorang pengarang dengan bernuansakan nilai-nilai humanisme yang bersifat realistis. Sastra diidentikkan dengan segala sesuatu yang ditulis. Sastra itu sendiri bermakna tulisan. Istilah susastra yang bermakna tulisan yang indah ini didasari pada kenyataan yang ada, yaitu banyak karya pengarang yang ditulis untuk disebarkan ke tengah-tengah pembaca. Dengan demikian, pengertian sastra dipusatkan pada pengertian tulisan dengan berbagai cirinya.

Novel itu pun menunjukkan kepada kita bahwa pengarang menyusun kata-katanya dan mendramatisasi cerita agar makin menarik perhatian pembaca. Novel menurut <!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_ITEM CSL_CITATION {"citationID":"ZznXwXRC","properties":{"formattedCitation":"(Ratna, 2012)","plainCitation":"(Ratna, 2012)","noteIndex":0},"citationItems":[{"id":49,"uris":["http://zotero.org/users/local/SNJ6SfSG/items/YQBV7FI2"],"itemData":{"id":49,"type":"book","event-place":"Yogyakarta","publisher":"Pustaka Pelajar","publisher-place":"Yogyakarta","title":"Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra","author":[{"family":"Ratna","given":"I Nyoman Kutha"}],"issued":{"date-parts":[["2012",10,17]]}}}],"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw/master/csl-citation.json"} <![endif]-->Ratna (2012)<!--[if supportFields]><![endif]--> merupakan karya sastra yang populer dan kejadian ceritanya pernah terjadi atau mungkin akan terjadi di dalam masyarakat. Novel menjadi suatu sandaran kenyataan dan harapan bagi pembaca atas kondisi yang sedang terjadi. Pengarang semestinya dapat mereduksi gap atau kesenjangan itu karena melalui karya sastra itulah pembaca merasa optimistis. Pun begitu ketika pengarang novel itu dapat menciptakan struktur bahasa tersendiri yang dimaui di dalam konteks bercerita. Nah, itu tampak sekali dalam novel Nibiru dan Ksatria Atlantis ini.

Buku setebal 690 halaman ini mengungkapkan petualangan yang fantastis dengan menyelipkan keunikan bahasa lokal (bahasa Kedhalu). “Nyedpanyu thingap nyapay sibha madhi, Dhaca!” <!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_ITEM CSL_CITATION {"citationID":"kBCHFNwD","properties":{"formattedCitation":"(GK, 2018)","plainCitation":"(GK, 2018)","noteIndex":0},"citationItems":[{"id":51,"uris":["http://zotero.org/users/local/SNJ6SfSG/items/8LPTA5FV"],"itemData":{"id":51,"type":"book","event-place":"Jakarta","ISBN":"978-602-483-235-3","publisher":"PT Bhuana Ilmu Populer","publisher-place":"Jakarta","title":"Nibiru dan Kesatria Atlantis","author":[{"family":"GK","given":"Tasaro"}],"issued":{"date-parts":[["2018",7,24]]}}}],"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw/master/csl-citation.json"} <![endif]-->(G.K., 2018)<!--[if supportFields]><![endif]-->. Di dalamnya juga terdapat kata pugabha, pohon pakabh, sanyipmany, bhimulay, pedhib, pughaba kiyrany, dan sebagainya. Kata-kata tersebut terdengar asing di telinga kita. Susunan huruf tersebut “aneh” dan bernuansa “lawas”, bahkan pelafalannya saja cukup susah.  Namun, hal itu makin memperkuat alur cerita Atlantis yang konon pernah ada sekitar belasan ribu tahun sebelum Masehi.  

Nah, arti kata-kata bahasa Kedhalu dapat dipelajari dengan mengetahui tatanan rumus seperti ini: ha-na, na-ya, ca-ja, ra-dha, ka-pa, da-nga, ta-tha, sa-ba, wa-ga, la-ma. Deretan rumus tersebut merupakan pelafalan huruf Jawa yang dikombinasikan sedemikian rupa (ulah penulis novel). Lafal yang disebutkan pertama kali begitu juga pada pasangan selanjutnya merupakan deret lazim pada huruf Jawa yang diurutkan sebanyak sepuluh baris. Kemudian, dilanjutkan urutannya dari lafal terakhir (dari baris pertama), lalu diurutkan ke atas hingga tuntas lafal huruf Jawa-nya. Gambaran lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut. 

ha = nya

na = ya

ca = ja

ra = dha

ka = pa

da = nga

ta = tha

sa = ba

wa = ga

la = ma

Mungkin pembaca yang budiman akan tersenyum atau bahkan terkekeh geli usai mengetahui rumusnya. Mungkin juga ada yang sambil membatin dan berujar,Kreatif juga, nih, Tasaro.” Memang seperti itulah, bahasa bersifat manasuka (arbitrer). Tentu kita tak lupa dengan kemunculan bahasa gaul ala Debbi Nasution. Bahasa gaul dituturkan banyak orang, mulai dari ibu rumah tangga, selebritas, hingga pejabat pun tak mau dianggap tak gaul kalau belum menggunakan bahasa gaul ini.

<!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_ITEM CSL_CITATION {"citationID":"GT3uK5py","properties":{"formattedCitation":"(Fiska, n.d.)","plainCitation":"(Fiska, n.d.)","noteIndex":0},"citationItems":[{"id":47,"uris":["http://zotero.org/users/local/SNJ6SfSG/items/UDCADRKY"],"itemData":{"id":47,"type":"post-weblog","abstract":"Berikut adalah penjelasan mengenai Hakikat Bahasa: Sifat, Fungsi, dan Keistimewaan Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Manusia dari Gramedia Literasi disertai dengan rekomendasi buku terkait","language":"id-ID","title":"Hakikat Bahasa: Sifat, Fungsi, dan Keistimewaan Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Manusia - Gramedia Literasi","title-short":"Hakikat Bahasa","URL":"https://gramedia.com/literasi/hakikat-bahasa/","author":[{"family":"Fiska","given":"Rahma"}],"accessed":{"date-parts":[["2024",4,4]]}}}],"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw/master/csl-citation.json"} <![endif]-->(Fiska, n.d.)<!--[if supportFields]><![endif]--> menguraikan bahwa bahasa itu bersifat arbitrer yang artinya manasuka. Pengarang novel sengaja menciptakan bahasa Kedhalu sebagai bentuk identitas novelnya untuk mendramatisasi cerita sehingga dapat dianggap sebagai kreativitas dari fungsi arbitrer itu sendiri. Dari pengertian tersebut, kita memaklumi bahwa sastra mengandung nilai dulce et utile. Dulce itu menyenangkan/kenikmatan, sedangkan utile bermakna mendidik atau mengedukasi.

Kita kembali ke bahasa Kedhalu. Simak petikan berikut, Nyedpanyu limippu, Dhaca!” Dengan memperhatikan rumus tadi, kita akan mengetahui jika makna dari kalimat itu adalah ‘Engkau milikku, Dhaca!. Contoh lain adalah kata pedhib yang berarti keris’, jemapa yang bermakna celaka’, atau pugabha yang berarti kuasa. Masih banyak lagi bahasa Kedhalu lainnya yang dapat dimengerti artinya jika digunakan rumus itu.

Bagaimana, Kawan? Tertarikkah untuk mempelajari bahasa Kedhalu atau malah mau menggunakannya sebagai bahasa sehari-hari? Itu terserah Anda. Sekarang muncul pertanyaan, apa bahasa Kedhalu dari kata zona atau berzikir? Bingung, kan? Itulah, bisa dikatakan bahwa salah satu kelemahan rumus tersebut adalah tidak adanya huruf z atau za.

Terlepas dari rekaan si pengarang novel, bahasa ini layak diperkenalkan kepada khalayak. Akan menjadi semacam kode rahasia jika rumus bahasa Kedhalu hanya diketahui oleh para pencinta novel tersebut. Dibutuhkan diskusi dan sosialisasi untuk memamerkannya. Bukan tidak mungkin bahwa bahasa itu dicap sebagai produk budaya. Jadi, bahasa layaknya sumber daya yang dapat diperbarui. Bahasa itu sendiri kita ketahui sebagai produk kebudayaan yang menjadi media komunikasi dan salah satu sumber peradaban manusia. Manusia, apalagi pengarang sastra dapat membentuk bahasa rekaan yang jika populer, itu akan menjadi viral sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut. <!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_ITEM CSL_CITATION {"citationID":"XUFKlXak","properties":{"formattedCitation":"(Windiatmoko & Mardliyah, 2018)","plainCitation":"(Windiatmoko & Mardliyah, 2018)","noteIndex":0},"citationItems":[{"id":19,"uris":["http://zotero.org/users/local/SNJ6SfSG/items/863XRMPH"],"itemData":{"id":19,"type":"article-journal","abstract":"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosesi atau ritual Ruwah Urung Urung\ndan nilai kearifan lokal dan refleksi terhadap pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi.\nMetode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data\ndan data penelitian adalah fenomena budaya masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan\nobservasi dan wawancara mendalam. Analisis data dengan metode analisis interaktif. Hasil\npenelitian menunjukkan bahwa ritual Ruwah Dusun diadakan di setiap RT, tradisi Bancakan\nmengandung tumpeng, bubur, ayam putih halus, dan lain-lain. Ada nilai kearifan lokal, yaitu\nbagaimana bergaul dengan baik, menjaga budaya / budaya, budaya dan agama. Mengenai\nrefleksi pendidikan karakter, ada delapan nilai karakter yang terkandung dalam ritual Ruwah,\nyaitu religius, kreatif, mandiri, komunikatif, senang bersikap ramah dan proaktif, cinta damai,\npeduli lingkungan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab.","container-title":"Jurnal Matapena","ISSN":"2621-9042","issue":"2","page":"40-52","title":"Refleksi Kultural dan Pendidikan Karakter dalam Tradisi Ruwahan di Dusun Urung Urung","volume":"1","author":[{"family":"Windiatmoko","given":"Doni Uji"},{"family":"Mardliyah","given":"Asih Andriyati"}],"issued":{"date-parts":[["2018",12,10]]}}}],"schema":"https://github.com/citation-style-language/schema/raw/master/csl-citation.json"} <![endif]-->Windiatmoko & Mardliyah (2018)<!--[if supportFields]><![endif]--> menyampaikan suatu temuan bahwa bahasa dan budaya selalu saling melengkapi dan membuat dua hal tersebut satu kesatuan yang meliputi gagasan, perilaku/aktivitas, dan kebendaan. Dapat dikatakan bahwa wujud novel mewakili ketiga unsur tersebut yang memang sengaja diciptakan pengarang dalam novel itu. Tasaro G.K. merekayasa peradaban manusia melalui tokoh dan segala sesuatu yang melingkupinya, termasuk bahasa Kedhalu. 

Coba simak tulisan dalam prasasti batu berikut ini.

Sedhthelkudh nyidwa nyapidh. Bhesugany kedharakay thedwemal pe ngabhadh manyuth. Dhanyabhinya sebhadh thednyudpak. Kedhabhanyay jiytha thap thedhpathapay. Nyapidh bhesugany kedhcamayay nyapay leycangi nyagam keyjadhinyay thedhalath kaycad.

Dhaca Suli leyumibh ngi nyadhi thedhnyaidh sawi kedunyabha seyunya sebhadh Atlantis.

Tidak usah berpusing-pusing. Solusinya, ya, gunakan rumus tadi dan Anda pasti dapat mengetahui maksudnya. Jangan sampai Anda kalah dari Dhaca Suli, si Raja Bumi. Mari, kenali bahasa Kedhalu alias Peramu!

Daftar Pustaka

<!--[if supportFields]> ADDIN ZOTERO_BIBL {"uncited":[],"omitted":[],"custom":[]} CSL_BIBLIOGRAPHY <![endif]-->Faruk, F. (2010). Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme. Pustaka Pelajar.

Fiska, R. (n.d.). Hakikat Bahasa: Sifat, Fungsi, dan Keistimewaan Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Manusia - Gramedia Literasi. Retrieved April 4, 2024, from https://gramedia.com/literasi/hakikat-bahasa/

G.K., T. (2018). Nibiru dan Kesatria Atlantis. PT Bhuana Ilmu Populer.

Ratna, I. N. K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

<!--[if supportFields]><![endif]-->

Windiatmoko, D. U., & Mardliyah, A. A. (2018). Refleksi Kultural dan Pendidikan Karakter dalam Tradisi Ruwahan di Dusun Urung Urung. Jurnal Matapena, 1(2), 40–52.

Doni Uji Windiatmoko

Seorang pengajar di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga. Selain mengajar, juga sebagai reviewer jurnal nasional bereputasi dan editor penerbit. Saya memiliki minat pada bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, etnolinguistik, dan kurikulum.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa