Bimbingan Teknis Pengelolaan Layanan UKBI Adaptif Merdeka

Bimbingan Teknis Pengelolaan Layanan UKBI Adaptif Merdeka

Jakarta, 24 Mei 2021—Sejak diluncurkan pada tanggal 29 Januari 2021, UKBI Adaptif Merdeka menjadi layanan resmi yang dimanfaatkan masyarakat untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia mereka. Aplikasi UKBI Adaptif Merdeka merupakan aplikasi yang mampu beradaptasi pada masa pandemi. Untuk terus meningkatkan kualitas layanan UKBI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Layanan UKBI Adaptif. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari mulai dari tanggal 24 hingga 28 Mei 2021 dan diikuti oleh 51 peserta dari balai dan kantor bahasa di 29 Provinsi. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Santika Taman Mini, Jakarta. Bimbingan Teknis Pengelolaan Layanan UKBI Adaptif Merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota KKLP UKBI untuk memberikan layanan profesional UKBI Adaptif Merdeka.

Bimtek ini dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, Kepala Badan Bahasa menyampaikan apresiasi terhadap capaian yang telah diperoleh oleh tim UKBI. Hingga 23 Mei 2021, sudah lebih dari 11.000 sertifikat telah disahkan. Namun, Kepala Badan menekankan agar tim UKBI bekerja lebih keras lagi dalam enam bulan ke depan agar capaian jumlah masyarakat yang menggunakan layanan UKBI terus meningkat.

Untuk mencapai target yang lebih optimal Kepala Badan Bahasa telah melakukan audiensi ke Direktorat Jenderal GTK, Direktorat Jenderal Vokasi, Pusdiklat Kemendikbud, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, serta telah berbicara pula dengan pimpinan Dewan Pers untuk menjadikan UKBI sebagai alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia. Kepala Badan Bahasa juga menyampaikan bahwa petugas layanan harus memastikan seluruh proses yang telah dimulai dapat memperoleh hasil yang optimal. Selain itu, berbicara tentang pengujian adalah berbicara tentang amanah. Petugas layanan harus mampu meningkatkan mutu dan kualitas layanan sebagai bentuk tanggung jawab atas amanah yang diberikan.

Sebagai kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia, Bimtek Pengelolaan Layanan UKBI Adaptif ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas KKLP UKBI. Dengan demikian, tidak hanya peserta UKBI yang lebih terpuji karena teruji, pengelola KKLP UKBI pun lebih mumpuni karena terlatih.

 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa