Sosialisasi Pengusulan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional

Sosialisasi Pengusulan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi Pengajuan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional pada Selasa, 30 Maret 2021 di Hotel Front One, Pamekasan, Jawa Timur.

Kegiatan yang bertujuan untuk menyosialisasikan pengusulan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional tersebut menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam; Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz; Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan, Fathor Rohman; Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, M. Abdul Khak; Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Alwi; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini; Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, Asrif; dan budayawan, H.R.P. Mohammad Thariq. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai instansi di Kabupaten Pamekasan.


Dalam sambutannya, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengungkapkan bahwa dalam Kongres Pemuda II, tanggal 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia disepakati sebagai bahasa persatuan, alih-alih bahasa Melayu. Tokoh di balik pengusulan tersebut adalah M. Tabrani dan Sanusi Pane. Di tengah keberadaan 718 bahasa daerah di wilayah NKRI, bahasa Indonesia menjadi alat pemersatu dan pembangun untuk mencapai tujuan pendirian bangsa ini.

Pada kesempatan yang sama, Tamam selaku Bupati Pamekasan juga menyampaikan dukungannya terkait pengusulan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional. Tamam berharap agar langkah terbaik untuk mengusulkan M. Tabrani sebagai pahlawan nasional segera terumuskan. (EK/IR)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa