Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA Melalui Jaringan Internet
Pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) telah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu. Pengajaran tersebut dilakukan oleh lembaga penyelenggara BIPA yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia, baik oleh lembaga milik pemerintah maupun milik swasta, baik di universitas-universitas maupun lembaga kursus. Di mana pun dilakukan dan siapa pun yang menyelenggarakannya, kegiatan pengajaran BIPA itu bertujuan agar pembelajar terampil berbahasa Indonesia. Pusat Bahasa sebagai lembaga resmi milik pemerintah yang berperan sebagai payung bagi penyelenggara pengajaran BIPA yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia memiliki tugas untuk mewadahi kreativitas peserta BIPA dalam berbahasa Indonesia. Hal itu sejalan dengan visi Pusat Bahasa untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa perhubungan antarbangsa. Oleh karena itu, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2009 ini, Pusat Bahasa menyelenggarakan Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA. Perlombaan tersebut diharapkan memberikan wadah resmi bagi peserta BIPA untuk menguji keterampilan dan kreativitas mereka dalam berbahasa Indonesia. Lomba keterampilan berbahasa Indonesia bagi peserta BIPA bertujuan: (1) Menciptakan kesempatan bagi peserta BIPA untuk menunjukkan keterampilan berbahasa yang dimilikinya; (2) Mendorong peserta BIPA untuk terus meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa Indonesia; (3) Menumbuhkan dan memupuk kecintaan peserta BIPA pada Indonesia; dan (4) Memperkenalkan Indonesia melalui bahasa Indonesia kepada dunia internasional. Tahap penyisihan tahun 2009 dilaksanakan dari tanggal 13—23 Oktober 2009 melalui jaringan internet dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook. Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang peserta dari negara Australia, Filipina, Jepang, Korea, Palestina, Uganda, Amerika, Prancis, dan Jerman. Jenis lomba yang diadakan meliputi lomba yang dapat memperlihatkan empat kemampuan berbahasa yang dimiliki pembelajar, yaitu keterampilan membaca, keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. (hr.)