Pelatihan Peningkatan Mutu Pengelola Sistem Manajemen Mutu Iso 9001
BANDUNG -- Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 telah memasuki usia ketiga di Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional. Upaya perubahan sistem menuju ke arah yang lebih baik senantiasa dilakukan. Hal tersebut bertujuan memenuhi tuntutan sistem manajemen mutu yang berasas pada perbaikan yang berkelanjutan, juga untuk memenuhi tuntutan kinerja yang berlaku di Pusat Bahasa. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai sistem mutu, serta menyamakan persepsi implementasi, maka pada tanggal 24—27 Juni 2010 Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu Pengelola Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 di Pusat Bahasa, bertempat di Hotel Scarlet Dago, Bandung. Pelatihan diikuti oleh tim penjaminan mutu dan calon pengelola sistem manajemen mutu dari setiap bidang di lingkup Pusat Bahasa dengan pembimbing Ir. Bahrun Dahlan, M.M. Koordinator Intern Pusat Bahasa, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum., mengemukakan harapannya di depan peserta pelatihan agar semua satuan kerja di Pusat Bahasa dapat bersinergi dalam upaya peningkatan mutu. Jajaran pimpinan dan semua staf secara sadar dapat berkontribusi dalam meningkatkan usaha perbaikan sistem manajemen mutu yang berkelanjutan. Salah satu faktor penting Sistem Manajemen Mutu di Pusat Bahasa dapat dilihat dari besarnya pelibatan staf dalam proses sistem yang berjalan. Untuk dapat berkontribusi dan terlibat dalam sebuah sistem, staf hendaknya mampu memahami Sistem Manajemen Mutu tersebut dan dapat menerapkannya dalam kegiatan harian di tiap-tiap satuan kerja. Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta antara lain mengenai Pemahaman Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Formulasi Pengelolaan Sistem Manajemen Mutu, dan Simulasi terkait dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu di satuan kerja. (hr)/(DM)