Resertifikasi ISO 9001 di Pusat Bahasa

Resertifikasi ISO 9001 di Pusat Bahasa

JAKARTA--Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, kembali memperoleh sertifikat ISO 9001 untuk kedua kalinya. Sertifikasi ini diberikan atas keberhasilan Pusat Bahasa meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan yang sesuai dengan standar selama tiga tahun menerapkan standar ISO 9001. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari hasil audit sertifikasi (resertifikasi) ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh auditor lembaga internasional dari SAI Global di Pusat Bahasa selama dua hari belum lama ini. Audit resertifikasi ini untuk mengetahui dan memastikan sejauh mana efektivitas dan efisiensi implementasi sistem manajemen mutu di lingkungan Pusat Bahasa dijalankan sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan audit resertifikasi yang dilakukan auditor PT. SAI Global Indonesia di Pusat Bahasa diwakili oleh Setyo Sutadiono dan Ahmad Fauzi. Pada kesempatan itu, tim audit menjalankan audit di seluruh unit kerja Pusat Bahasa yang meliputi pemantauan proses penelitian di Subbidang Pengkajian Bahasa dan Subbidang Pengkajian Sastra, pemantauan proses pembinaan di Subbidang Pemasyarakatan, Subbidang Peningkatan Mutu dan Subbidang Pengajaran, pemantauan proses pengembangan di Subbidang Perkamusan dan Peristilahan, Subbidang Pembakuan dan kodifikasi, Subbidang Informasi dan Publikasi, serta pemantauan pelaksanaan kegiatan di Subbagian Tata Laksana dan Kepegawaian, dan Subbagian Rumah Tangga. Pada pelaksanaan audit resertifikasi tersebut tidak ditemukan ketidaksesuaian yang bersifat Major atau Nonconformity. Auditor PT. SAI Global, Setyo Sutadiono, menyimpulkan bahwa secara umum Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 masih dijalankan secara konsisten. Auditor PT. SAI Global masih merekomendasikan sertifikasi ISO 9001 pada Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional sampai dengan tahun 2013. Pada sambutan penutupan audit eksternal, Wakil Manajemen Mutu Pusat Bahasa, Dra. Yeyen Maryani, M.Hum. mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pimpinan dan karyawan Pusat Bahasa yang tetap komitmen untuk keberlanjutan penerapan ISO 9001 di Pusat Bahasa. Harapan ke depan diungkapkan bahwa semua pimpinan agar tidak terlena dengan prestasi yang diraih saat ini, tetapi terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang berkaitan dengan masalah kebahasaan dan kesastraan. (hr.)(DM)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa