Badan Bahasa Menonton Bareng dengan Sswa SLTA Se-Jabodetabek dalam Pemutaran Perdana Film “Bulan, Bintang, dan Mentari”

Badan Bahasa Menonton Bareng dengan Sswa SLTA Se-Jabodetabek dalam Pemutaran Perdana Film “Bulan, Bintang, dan Mentari”

Jakarta—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan pemutaran perdana film “Bulan, Bintang, dan Mentari” di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta, pukul 10.00--12.00, Kamis, 27 Oktober 2011. . Pemutaran film tersebut merupakan rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2011.

Film yang diputar itu mengangkat kecintaan pada bahasa dan sastra untuk menggerakkan masyarakat, khususnya generasi muda, agar bersikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Pemutaran film dihadiri sekitar 600 undangan, meliputi pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, siswa, mahasiswa, guru, dosen, sastrawan, pengamat bahasa dan sastra, pengamat perfilman, duta bahasa, serta staf Badan Bahasa.Melalui film ini diharapkan generasi muda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai wujud jati diri bangsa, sekaligus memperoleh hiburan yang edukatif.

Kesan yang baik datang dari seorang anggota DPR Komisi X, Popong Otje Djundjunan, yang memberikan apresiasi kepada sutradara dan para pemain film tersebut. Ia menghimbau agar generasi muda jangan membiasakan menggunakan istilah asing, kecuali kalau belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia.

Film “Bulan, Bintang, dan Mentari” yang di tulis dan di sutradari Anto Lupus serta dibintangi, antara lain, Chika Jessica, Fajar Gomez, Reynold Hamzah, Clarette Harsi, dan Eko D.J. itu, mempertegas bahwa sesungguhnya bahasa adalah cerminan jati diri dan karakter bangsa penuturnya. Sastra membekali setiap generasi mampu menemukan nilai-nilai kearifan yang kemudian memperluas akal budi dan mempertajam etika dan daya estetika. (ef/lus)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa