Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Menggelar Pemilihan Duta Bahasa 2013

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Menggelar Pemilihan Duta Bahasa 2013

Manado—Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa 2013 di MTC, Megamas, Manado (Kamis, 12 September 2013). Acara itu berlangsung sejak hari Selasa, 10 September 2013 yang dibuka oleh Ibu Greis M. Rantung, M.Pd., Kepala Subbagian Tata Usaha. Acara tersebut direncanakan berakhir pada hari Jumat, 13 September 2013.

Acara itu bertujuan untuk memantapkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, menegaskan posisi bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia, membangkitkan minat generasi muda untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, meningkatkan wawasan dan kesadaran generasi muda terhadap kelestarian budaya dan bahasa daerah. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda dalam penggunaan bahasa asing.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lima puluh empat orang peserta yang berasal dari berbagai Universitas di seluruh Provinsi Suwawesi Utara. Sampai hari ketiga proses penilaian diperoleh dua puluh dua orang peserta. Penilaian tersebut meliputi, kemampuan menulis makalah, kemampuan mempresentasikan makalah, kemampuan berpidato dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemampuan menjawab pertanyaan wawancara, dan kepribadian. Di hari penilaian terakhir, peserta akan dinilai penampilan dan bakat lainnya. Pemenang Pemilihan Duta Bahasa tersebut akan mewakili Provinsi Sulawesi Utara pada Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta. (na/tri)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa