Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Bersama Badan Bahasa Menyelenggarakan Diskusi Kebahasaan

Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Bersama Badan Bahasa Menyelenggarakan Diskusi Kebahasaan

akarta — Dalam rangka memperingati sepuluh tahun berdirinya Forum Bahasa Media Massa (FBMM), Jumat, 27 April 2012, FBMM bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyelenggarakan diskusi kebahasaan di Gedung Samudera, Rawamangun. Diskusi yang dihadiri oleh Kepala Bidang Pemasyarakatan, Drs. Mustakim, M.Hum., Ketua FBMM, T.D. Asmadi, wartawan, dan pemerhati bahasa dan sastra, serta karyawan Badan Bahasa dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Dr. Sugiyono, yang mewakili Kepala Badan Bahasa.

Dalam sambutan pembukaan, Sugiyono mengatakan bahwa media massa merupakan salah satu rekan penting dalam upaya pengembangan dan pemertahanan bahasa Indonesia di tengah maraknya penggunaan bahasa asing.

Dalam menjawab pertanyaan tentang upaya Badan Bahasa dalam membina dan melindungi bahasa Indonesia, Sugiyono memaparkan bahwa hal itu merupakan tugas bersama dan Badan Bahasa sebagai wakil pemerintah terus berusaha memantaunya di setiap daerah meskipun belum optimal mengingat satuan kerjanya baru berumur satu tahun. “Upaya legislasi, yaitu dengan Undang-Undang tentang Bahasa, telah rampung dan kini tinggal menunggu pengesahan perpres dan permendagri,” lanjutnya.

Sebelum diskusi berakhir, Sugiyono mengharapkan peran FBMM untuk membantu Badan Bahasa dalam hal pembakuan bahasa Indonesia melalui korpus yang nantinya akan dijadikan bahan rujukan dalam penyusunan Kamus Besar Bahasa Indonesia agar perbendaharaannya bertambah dan istilah yang lazim digunakan dalam media dapat memperkaya istilah yang sudah ada. (an/lus)

Admin Badan Bahasa

-

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa