Badan Bahasa Memberikan Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Wartawan

Badan Bahasa Memberikan Penyuluhan Bahasa Indonesia untuk Wartawan
Jakarta — Untuk meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia di media massa,  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  menyelenggarakan penyuluhan bahasa Indonesia untuk  wartawan. Penyuluhan dilaksanakan selama dua hari, 11—12 Mei 2012, di Hotel Park, Jakarta. Narasumber dalam penyuluhan itu adalah Dr. Dendy Sugono, Drs. Abdul Gaffar Ruskhan, M.Hum., dan Drs. Sriyanto, M.M.
 
Peserta penyuluhan yang berjumlah seratus orang terdiri atas redaktur bahasa media massa, wartawan, dan pengelola humas di instansi pemerintah. Mereka berasal dari Jakarta dan luar Jakarta, seperti Pos Kota, Solo Pos, Pikiran Rakyat, Rakyat Merdeka, RRI, dan Metro TV. 
 
Acara dibuka oleh  Drs. Muhadjir, M.A., yang mewakili Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Dalam sambutannya, Muhadjir mengharapkan melalui penyuluhan ini peserta mengenal dan memahami berbagai kaidah bahasa Indonesia, yang mencakupi kaídah ejaan, pembentukan dan pemilihan kata, penyusunan kalimat, serta penyusunan paragraf, sehingga dapat diterapkan di dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan kerja masing-masing.
 
Kegiatan penyuluhan itu ditanggapi dengan positif oleh peserta. Mereka aktif bertanya dan juga memberikan tanggapan.  Salah satu wartawan yang mewakili peserta, pengelola Humas FISIP UI, mengapresiasi acara penyuluhan dan berharap dapat dilanjutkan dengan penyuluhan yang lain. (tri/lus)
 

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa