Badan Bahasa Menyelenggarakan Pelatihan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Badan Bahasa Menyelenggarakan Pelatihan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Jakarta— Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Pelatihan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Hotel Park, Jakarta, tanggal 4--8  Juni 2012.  Peserta Pelatihan berjumlah 34 orang, terdiri atas peserta dari universitas dan lembaga pengajaran BIPA yang ada di DKI Jakarta, serta  dari Badan Bahasa.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Drs. Muhadjir, M.A. Dalam laporannya, Muhadjir menjelaskan bahwa tujuan pelatihan adalah memberikan fasilitas pada lembaga BIPA untuk meningkatkan kompetensi pengajar BIPA, meningkatkan pemahaman pengajar BIPA dalam pelaksanaan tugas,  mengumpulkan informasi mutakhir mengenai perkembangan pengajaran bahasa Indonesia, serta membuat jaringan untuk pengajar BIPA. 

Selanjutnya, acara dibuka oleh plt. Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S. Dalam sambutannya, Mahsun mengatakan bahwa bahasa Indonesia mempunyai peran strategis dalam memperkuat jati diri bangsa dan untuk menyebarluaskan bahasa Indonesia diperlukan dukungan teknologi.

Selama lima hari pelatihan, para peserta akan diberi materi pengajaran BIPA, antara lain, strategi pengembangan BIPA, cetak biru BIPA, pengembangan silabus BIPA, metodologi pengajaran BIPA, dan evaluasi pembelajaran BIPA.  Narasumber pelatihan adalah pakar pengajaran BIPA dari Badan Bahasa dan universitas, seperti Dr. Sugiyono (Badan Bahasa), Dr. Widodo H.S., M.Pd. (Universitas Negeri Malang), Drs. Suharsono, M.Hum. (Universitas Gajah Mada), Dwi Puspitorini, M.Hum. (Universitas Indonesia), dan Liliana Muliastuti, M.Pd. (Universitas Negeri Jakarta). (mla/tri)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa