Badan Bahasa Menggelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra

Badan Bahasa Menggelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra

Jakarta—Untuk pertama kalinya, setelah Pusat Bahasa menjadi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Badan Bahasa menyelenggarakan Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. Seminar itu diselenggarakan di kantor Badan Bahasa, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, 12—13 September 2012.

Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S., dalam pembukaan seminar tersebut sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan seminar. Menurutnya, kegiatan penulisan karya ilmiah, khususnya kebahasaan dan kesastraan, harus dibudayakan dan seminar ini dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan penulisan karya ilmiah.

“Makalah yang disajikan dalam seminar ini akan dipublikasikan dalam jurnal bahasa dan sastra di Badan Bahasa, paparnya”

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Dra. Wahyu Trihartati, M.Pd., mengatakan bahwa seminar diselenggarakan dengan tujuan, antara lain, untuk menggairahkan semangat penulisan ilmiah kebahasaan dan kesastraan, mengaktifkan tradisi pertemuan ilmiah tahunan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian kebahasaan dan kesastraan.

Ada 23 pemakalah yang tampil dalam seminar  tersebut.  Pemakalah berasal dari Jakarta dan luar Jakarta, seperti Yogyakarta, Jember, Surabaya, Malang, Madura, Kalimantan, dan Sulawesi. Tema yang diangkat dalam seminar itu adalah ”Bahasa, Sastra, dan Media Massa”.

Seminar yang dimulai pukul 09.00 dihadiri oleh berbagai kalangan, yakni akademisi, peneliti, pemerhati, sastrawan,  dan karyawan Badan Bahasa. Pada hari pertama ditampilkan 12  pemakalah dan hari kedua 11 pemakalah. (an/lus)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa