Kepala Badan Bahasa Melantik Pejabat Eselon IV dan Mengambil Sumpah Janji PNS Badan Bahasa

Kepala Badan Bahasa Melantik Pejabat Eselon IV dan Mengambil Sumpah Janji PNS Badan Bahasa

Jakarta — Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Dadang Sunendar melantik seorang pejabat eselon IV dan mengambil sumpah janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Bahasa di Aula Gedung Samudra, Rawamangun, Jakarta, Selasa, 27 September 2016.

Pejabat eselon IV yang dilantik adalah Retno Utami, M.Hum., sebagai Kepala Subbidang Tenaga Kebahasaan, Bidang Pembelajaran, Pusat Pembinaan. Sementara itu, PNS yang diambil sumpahnya sebanyak 23 orang.

Dalam sambutannya, Dadang mengatakan bahwa tenaga kebahasaan merupakan salah satu titik penting yang ada di Badan Bahasa. “Tenaga kebahasaan merupakan salah satu ciri utama posisi jabatan yang ada di Kemendikbud, melalui Badan Bahasa. Jabatan ini termasuk jabatan yang unik karena tidak banyak ditemui di unit kerja lain, bahkan di kementerian lain yang memiliki jabatan serupa. Ada tenaga kebahasaan seperti di Kementerian Pertahanan dan beberapa kementerian lain tetapi dengan tugas dan fungsi yang berbeda,” kata Dadang.

Dadang menambahkan agar Kepala Subbidang Tenaga kebahasaan dapat melakukan koordinasi yang cepat melalui subbid dan bidang terkait. “Jumlah tenaga penyuluh bahasa masih sangat sedikit, yaitu baru berjumlah 170 orang untuk seluruh negeri ini. Untuk itu, kita memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan jumlah 34 provinsi yang ada. Jika setiap minggu ada kasus-kasus yang memerlukan minimal tiga tenaga kebahasaan, maka jumlah 170 orang sangatlah kurang,” ujarnya.

Dadang juga mengharapkan adanya langkah-langkah insiatif yang sifatnya terobosan-terobosan untuk membantu kekurangan jumlah tenaga kebahasaan, dan juga penertiban penggunaan bahasa.

Selanjutnya, kepada PNS yang baru diambil sumpahnya, Dadang mengingatkan untuk memegang janji yang telah diucapkan tersebut saat bekerja hingga purna tugas nanti. “Marilah kita niatkan dengan baik mulai detik ini, mulai hari ini, kita bekerja dengan lebih bagus lagi. Saya percaya Ibu/Bapak semua akan melaksanakan tugas sesuai yang disampaikan pada saat pengambilan sumpah tadi,” kata Dadang mengakhiri sambutannya. (iw/an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa