Pengumuman Pemenang Sayembara Menulis Surat Kepada Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2016

Pengumuman Pemenang Sayembara Menulis Surat Kepada Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2016

Pada tanggal 29 September 2016, bertempat di Ruang Taba, Gedung Iswara, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta, telah diadakan penjurian naskah Sayembara Menulis Surat untuk Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Panitia Sayembara menerima 1066 naskah surat siswa kelas 4, 5, 6, dan 7 dari seluruh Indonesia. Banyak penulis surat menyajikan ide yang segar dan pemikiran yang sangat menarik untuk disampaikan kepada Mendikbud. Bahkan, sebagian dari penulis menampilkan kejutan dalam isi suratnya.

Dewan juri yang terdiri atas Dr. Murti Bunanta (Penulis, Editor, Pakar Cerita Anak), Dr. Sunu Wasono (Pakar Sastra dan Budaya, FIB Universitas Indonesia), Dr. Khatarina E. Sukamto (Linguis, Pengajar dan Peneliti Senior Unika Atmajaya), Jamal D. Rahman, M.Hum (Penyair, Pengamat Sastra dan Budaya, Dosen IAIN Syarif Hidayatullah), dan Maria Dian Andriana (Redaktur Internasional LKBN Antara, Editor, Penulis, Anggota Dewan Pers) setelah membaca, menilai secara saksama, dan mendiskusikan secara mendalam karya  Sayembara Menulis Surat untuk Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan 2016 melaui proses yang berjenjang, akhirnya menetapkan sepuluh pemenang sayembara.

Kesepuluh pemenang tersebut, pada kesempatan ini masih dicantumkan secara acak, belum dapat disampaikan pemeringkatannya. Pemenang satu sampai dengan sepuluh baru akan dibacakan pada acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2016 yang menurut rencana akan diadakan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta pada 28 Oktober 2016. Kesepuluh pemenang itu adalah sebagai berikut.

Nayla Sabhita Irajanto (SD Islam Raudlatul Jannah, Sidoarjo, Jawa Timur)

Bintang Nurul Hidayati (SMP Negeri 1, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat)

Vanesa Felicia Leedora (SMP Mondial, Batam, Kepulauan Riau)

Edinson (SD Inpres Poga, Lani Jaya, Papua)

Ananta Moh. Adnan (Madrasah Ibtidaiah Anwarussalam, Padalarang, Jawa Barat)

Kalvinsia Lamsuri (SMPK 8 Penabur, Jakarta)

Sebastian Immanuel (SMP BPK Penabur, Bogor, Jawa Barat)

Nadia Safiana Rahma (SMP Negeri 1, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta)

Indana Zulfa Fauziah (SMP Negeri 1 Pegandon, Kendal, Jawa Tengah)

Edelweiss (SMP Negeri 3 Pontianak, Kalimantan Barat)

Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada surat-menyurat.

Sepuluh peserta terbaik tersebut dengan disertai oleh satu orang pendamping akan diundang ke Jakarta pada 26--29 Oktober 2016. Mereka akan diinapkan selama tiga malam empat hari di Hotel Bidakara dan berkesempatan melakukan audiensi dengan Kepala Badan Bahasa, serta mengunjungi objek pengetahuan dan wisata di Jakarta.

Sepuluh naskah surat terbaik dan 90 naskah surat favorit akan dibukukan dan akan diberikan sebagai cenderamata khusus kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Panitia sayembara akan menghubungi para pemenang untuk segera memproses lebih lanjut hasil putusan dewan juri tersebut.

 

Jakarta, 5 Oktober 2016 

Ttd.

Teguh Dewabrata
Koordinator Sayembara

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa