Sambut Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Provinsi Aceh Laksanakan GCBI

Sambut Sumpah Pemuda, Duta Bahasa Provinsi Aceh Laksanakan GCBI

Banda Aceh -  Dalam rangka menyambut hari peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, Ikatan Duta Bahasa Provinsi Aceh mengadakan kegiatan Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) 2016 sejak tanggal 1—29 Oktober 2016.

Ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Aceh, Angga Bagastama mengatakan bahwa ada empat rangkaian kegiatan, yaitu lomba cipta puisi, pantun,  video kreasi bertema Sumpah Pemuda melalui media sosial instagram, GCBI Saweu Sikula (kunjungi sekolah),  kampanye gerakan cinta bahasa Indonesia, dan diakhiri dengan acara puncak yaitu pengumuman pemenang lomba, kuis, dan diskusi publik GCBI pada tanggal 29 Oktober 2016.

Angga menambahkan, program saweu sikula bertujuan untuk memecahkan berbagai kasus yang berkenaan dengan bahasa Indonesia dan sosialisasi mengenai informasi seputar pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan siswa. Dalam kegiatan ini, Ikatan Duta Bahasa Provinsi Aceh mengunjungi sekolah-sekolah (SMP dan SMA) di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, Angga mengharapkan kontribusi para Duta Bahasa Provinsi Aceh bisa lebih dikenal oleh masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia.

"Setelah kegiatan ini berakhir, kami berharap setiap lapisan masyarakat bisa lebih mencintai bahasa Indonesia dengan saling mengingatkan, agar tidak meluasnya bahasa prokem di kalangan masing-masing khususnya para remaja yang sangat aktif di media sosial," ujar Mahasiswa Bahasa Inggris, FKIP Universitas Syiah Kuala dan pemenang 4 Duta Bahasa Provinsi Aceh tahun 2016 ini.

Ia juga berharap, GCBI tahun 2016 di Aceh mendapat dukungan dari masyarakat khususnya kalangan remaja dan pemuda untuk mengikuti lomba dalam rangka sumpah pemuda, sebagai wujud kecintaan terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. (mms/Kontributor Aceh)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa