PEMILIHAN DUTA BAHASA TINGKAT NASIONAL 2014

PEMILIHAN DUTA BAHASA TINGKAT NASIONAL 2014

JAKARTA—Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa) kembali menggelar acara Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2014. Acara ini berlangsung  tanggal 25—31 Oktober 2014 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

            Pemilihan kali ini diikuti oleh 28 pasang Duta Bahasa yang merupakan utusan dari daerahnya masing-masing. Sebelum diutus ke Jakarta, mereka sudah terlebih dahulu melalui seleksi duta bahasa di tingkat provinsi dan telah ditetapkan sebagai duta bahasa provinsi masing-masing.      

            Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2014 ini secara umum bertujuan meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah pengunaannya masing-masing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa. Secara khusus bertujuan  

  1. memilih duta bahasa tingkat nasional yang mampu melaksanakan tugas memasyarakatkan kepedulian dan kebanggaan pada bahasa dan sastra Indonesia dan daerah;
  2. menyiapkan duta bahasa yang senantiasa mampu mengupayakan penguatan: penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pelestarian bahasa dan sastra daerah, penguasaan bahasa asing strategis, dan apresiasi sastra Indonesia dan daerah;
  3. memperkuat jejaring kerja sama secara berkesinambungan dengan duta bahasa tingkat provinsi dalam berbagai kegiatan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra.

Pemilihan duta bahasa ini dilaksanakan melalui tiga tahap kegiatan, yaitu pembekalan, penilaian, dan pemberian penghargaan. 

Pada tahap pembekalan, selain memperoleh materi kebahasaan dan kesastraan, peserta juga mendapat pengetahuan tentang nasionalisme, pengembangan kepribadian, dan integritas dari sejumlah narasumber.  Narasumbernya, antara lain, Imam B. Prasodjo, Seno Gumira Ajidarma, Dr, Vivid Argarini, Wanda Hamidah, dan pejabat dari Badan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S. (Kepala Badan Bahasa), Dr, Sugiyono (Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur dan Pelindungan), serta Dra, Yeyen Maryani, M.Hum (Kepala Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan sekaligus yang menjadi penanggung jawab kegiatan).

Pada tahap penilaian, aspek yang akan  dinilai adalah pengetahuan, ketrampilan, dan sikap peserta. Juri dan penilai untuk pengetahuan adalah Dr. Sugiyono (Badan Bahasa), Dr. Fairul Zabadi (Badan Bahasa), dan Dr a. Liliana Muliastuti, M.Pd (Universitas Negeri Jakarta); Juri dan penilai untuk keterampilan adalah Dra. M.P. Ira Hapsary, M.Hum (Badan Bahasa), Dra, Meity Taqdir Qodratillah, M. Hum (Badan Bahasa), dan Dr, Agustin R. Lakawa (Pusat Bahasa, Universitas Trisakti). Juri dan penilai terhadap sikap peserta adalah panitia.

Pada tahap pemberian penghargaan, juri akan memilih enam pasang duta bahasa terbaik yang akan memperoleh hadiah uang dan hadiah lainnya, Hadiah uang tersebut akan diberikan sesuai dengan  peringkat pemenang, yaitu pemenang 1 mendapat uang Rp14.000.000,00, pemenang 2, Rp12.000.000,00, pemenang 3, Rp10.000.000,00, pemenang 4 Rp7.000.000,00, pemenang 5, Rp6.000.000,00, dan pemenang 6, Rp5.000.000,00. (mla/tom)

 

Berikut nama-nama peserta Pemilihan Duta Bahasa 2014.

Berikut nama-nama peserta Pemilihan Duta Bahasa 2014.

No

Nama

Provinsi

1

Ichwan

Aceh

2

Irma Kharisma

3

M. Ryan Ramadhan

Sumatera Utara

4

Feby Yoana Siregar

5

Radynal Hasnan M.

Sumatera Barat

6

Anisa Nurjanah

7

Ricko Afaldi Putra

Riau

8

Rismun Sufia Monike

9

Aruqmaana Rasyid

Jambi

10

Hetri Pima Anggara

11

Handri Yanto

Bengkulu

12

Sally Nurhabibi

13

Robi Prasetio

Sumatera Selatan

14

Riska Fitrah Aprianti

15

Sunarto

Kepulauan Riau

16

Kristie Onasis

17

Eko Apriansyah

Bangka Belitung

18

Dian Utari

19

Gisella Anasthasia Sugianto

Banten

20

Andri Wibowo

21

Rahardyan Shukmawan

DKI Jakarta

22

Safira Al Khansa

23

Restu Surya Dinagara

Jawa Barat

24

Yanti Silviana

25

Muh Irfan

Jawa Tengah

26

Ghoniyati Rohmah

27

Satya Permana

DI Yogyakarta

28

Disma Ajeng Rastiti

29

Triyanto Adi Sampurno

Jawa Timur

30

Aisyah Ayu Anggraeni Hidayat

31

Ayu Indah Carolina

Bali

32

Made Adi Suadnyana

33

Hilman Qudratuddarsi

Nusa Tenggara Barat

34

Amy Shientiarizki

35

Andreas Yoseph Witak

Nusa Tenggara Timur

36

Maya Riyani Therik

37

Dwi Purwanto

Kalimantan Barat

38

Yoanna Afrimonika


Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa