Penganugerahan Piala Adibahasa 2014 Provinsi Kalimantan Timur

Penganugerahan Piala Adibahasa 2014 Provinsi Kalimantan Timur

Samarinda—Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Provinsi Kalimantan Timur terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Pada peringatan tahun ini, Selasa, 28 Oktober 2014 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur merangkai kegiatan tersebut dengan penganugerahan Piala Adibahasa 2014 Provinsi Kalimantan Timur.  Penganugerahan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, melalui Biro Sosial, dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, melalui Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, sebagai tindak lanjut ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara Gubernur Kalimantan Timur dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

     Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Dr. H. Awang Faroek Ishak  dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah melaksanakan kegiatan penilaian Adibahasa tersebut pada 23 September sampai dengan 10 Oktober 2014. Pelaksanaan kegiatan tersebut dimaksudkan dan ditujukan untuk membangkitkan bahasa Indonesia sebagai identitas budaya bangsa karena bahasa selain menjadi sarana komunikasi juga merupakan pondasi dalam membangun  bangsa yang berbudaya. Penghargaan Adibahasa Provinsi Kalimantan Timur merupakan apresiasi untuk kabupaten/kota se-Kaltim yang telah menunjukkan perhatian dan dukungan yang besar bagi pengembangan bahasa Indonesia. Dalam penilaiannya, kriteria yang dinilai antara lain menyangkut penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik di ruang publik maupun dalam penerapan pada tata kelola pemerintahan. Kegiatan penilaian dan penghargaaan Adibahasa di Kalimantan Timur ini merupakan tantangan yang harus dipertahankan dan ditingkatkan agar pada masa mendatang menjadi lebih baik. Gubernur juga menyatakan bahwa penilaian tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan pada tingkat provinsi di Indonesia sehingga menjadikan Provinsi Kalimantan Timur sebagai provinsi pertama di Indonesia yang melakukan penilaian adibahasa tingkat provinsi.

     Penilaian dilaksanakan oleh tim dari Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dengan narasumber dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Dr. Sugiyono dan Drs. Mustakim, M.Hum). Adapun peraih peringkat I sekaligus berhak menerima Piala Adibahasa Tingkat Provinsi Kalimantan Timur adalah Pemerintah Kota Balikpapan yang diwakili oleh Sekretaris Kota Balikpapan. Peringkat kedua hingga terakhir (kesembilan) diperoleh Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Berau, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

     Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menetapkan Piala Adibahasa merupakan piala bergilir yang diberikan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur kepada walikota atau bupati yang memenangi penilaian Adibahasa dalam upacara Sumpah Pemuda. Adapun wujud Piala Adibahasa Provinsi Kalimantan Timur merupakan replika dengan ukuran yang lebih kecil dari Piala Adibahasa tingkat nasional (Er/IBU).

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa