Penilaian Penampilan Peserta Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional Tahun 2015

Penilaian Penampilan Peserta Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional Tahun 2015

Jakarta— Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sastra, khususnya puisi, Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional, yang dilaksanakan pada tanggal 28--31 Oktober 2015, di Hotel Ciputra, Jakarta.

Kegiatan Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional merupakan salah satu sarana pengembangan kreativitas remaja dan ajang pertukaran budaya melalui puisi dan musik. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengembangkan rasa kesatuan dan persatuan serta menambah wawasan budaya bagi para pelajar yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam kegiatan musikalisasi tersebut, diharapkan nantinya kekayaan tradisi bermusik (musik tradisional) dan tradisi bersastra di daerah dapat dipadukan dalam suatu bentuk yaitu musikalisasi puisi. Kolaborasi antara musik etnik dan makna puisi dalam wujud musikalisasi puisi diharapkan dapat memberi warna bagi model apresiasi sastra dan corak musik unik dan khas dalam dunia seni musik.

Pada hari kedua kegiatan tersebut, ke 28 tim peserta mulai memberikan penampilan terbaik mereka untuk dinilai oleh tim penilai yang terdiri atas lima orang juri, antara lain Embie C. Noer (penata musik untuk teater, film, dan televisi), Jose Rizal Manua (seniman teater, pujangga, dan pendiri teater Tanah Air),  Acep Zamzam Noor (penyair, pelukis), Ari Malibu (penyanyi), dan Ine Febrianty (aktris film dan bintang sinetron).

Untuk kemudahan dan kelancaran kegiatan tersebut, panitia memberikan jadwal penampilan sesuai dengan nomor undian yang telah didapatkan pada hari pertama, yaitu untuk tim peserta dengan nomor undian 1—9 dijadwalkan untuk tampil pada hari Kamis, pukul 08.30—12.00 WIB, kemudian untuk tim peserta dengan nomor undian 10—17 dijadwalkan untuk tampil pada hari Kamis, pukul 13.30—17.00 WIB, dan tim peserta dengan nomor undian 18—22 dijadwalkan untuk tampil pada hari Kamis, pukul 19.00—21.00 WIB, dan tim peserta dengan nomor undian 23—28 dijadwalkan untuk tampil pada hari Jumat pukul 08.30—11.00 WIB.

Dalam kegiatan itu dilakukan penilaian terhadap penampilan seluruh peserta oleh tim juri, untuk menentukan enam penampil terbaik. Adapun kriteria penilaian meliputi penafsiran/interpretasi dan penghayatan, harmoni kepaduan, vokal, dan penyajian (teknik dan kelompok). Dalam penyajiannya tiap tim mendapatkan jatah waktu selama 20 menit. (Nav)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa