Badan Bahasa Menggelar Pisah Sambut Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Badan Bahasa Menggelar Pisah Sambut Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Jakarta—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pisah sambut Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Aula Gedung C, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Desember 2015.

Sebelumnya, pada pukul 11.00 WIB di Graha Utama Kemendikbud, Mendikbud Anies Baswedan, Ph.D. telah melantik Kepala Badan Bahasa yang baru, yaitu Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Dr. Didik Suhardi yang sebelumnya merangkap jabatan sebagai Plt. Kepada Badan Bahasa, mengutarakan bahwa daya serap anggaran Badan Bahasa pada akhir tahun 2015 mengalami peningkatan, bahkan melampaui target, dari sebelumnya 54 % menjadi 68 %, padahal targetnya 65%.

“Semoga dengan pimpinan yang baru, kinerja Badan Bahasa dapat lebih baik dan semakin solid, “ pesan Didik.

Sementara itu, Kepala Badan Bahasa yang baru, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas besar Badan Bahasa ke depan adalah meningkatkan jumlah kosakata yang ada saat ini, yaitu masih sepersepuluh dari jumlah kosakata bahasa Inggris (satu juta kosakata), dan itu selaras dengan amanat UU nomor 24 Tahun 2009 yaitu meningkatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

Saat ini, dari segi jumlah penuturnya, bahasa Indonesia sudah mewakili sepertiga masyarakat ASEAN, “Tetapi yang kita inginkan adalah bukan hanya berdasarkan jumlah masyarakat penuturnya saja, tetapi bagaimana masyarakat ASEAN itu memang membutuhkan bahasa Indonesia dan itu perlu dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak, “ kata Dadang.

“Semoga Badan Bahasa semakin sinergis dan kompak, serta selamat tahun baru 2016 dan berlibur “ tutur Dadang menutup sambutannya kepada seluruh karyawan Badan Bahasa yang hadir pada acara itu.

Mantan Wakil Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung ini sejak tahun 1988 telah menjadi tenaga pengajar (dosen) di UPI. (an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa