Laporan Hasil Sidang Komisi di Acara Rembuk Nasional Tahun 2016

Laporan Hasil Sidang Komisi di Acara Rembuk Nasional Tahun 2016

Sawangan, Depok— Hasil Sidang Komisi, Rembuk Nasional Tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia, yang diumumkan pada hari Selasa, 23 Februari 2016, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Cinangka, Sawangan, Depok.

Berikut rangkuman hasil sidang:

  • Komisi I, memprioritaskan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan akses, mutu, dan tata kelola serta pelibatan publik pada PAUD dan Dikmas.
  • Komisi II, mengutamakan perluasan akses, peningkatan mutu, serta tata kelola dalam program wajib belajar 12 tahun.
  • Komisi III, mengutamakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru pembelajar, serta sertifikasi bagi guru.
  • Komisi IV, mengutamakan percepatan implementasi kurikulum 2013, peningkatan mutu pelaksanaan dan pemanfaatan ujian nasional, peningkatan budaya mutu dan pemanfaatan akreditasi, serta pelibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan pendidikan.
  • Komisi V, mengutamakan upaya menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional dengan tindakan penyebarluasan Bahasa Indonesia melalui BIPA, pengayaan kosakata Bahasa Indonesia, serta penumbuhan budaya literasi.
  • Komisi VI, mengutamakan upaya membangun budaya dan budaya membangun, dengan tindakan menundukan kembali budaya dalam hal pengelolaan data kebudayaan, dan inventarisasi budaya benda tak benda.
  • Komisi VII, mengutamakan efektivitas pelibatan publik, dengan upaya penataan regulasi dan harmonisasi kebijakan pusat dan daerah, perencanaan dan penganggaran, serta pengawasan pembangunan pendidikan dan kebudayaan di pusat dan daerah.

 (nav)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa