Badan Bahasa dan HISKI Memperkuat Kerja Sama di Bidang Kesastraan

Badan Bahasa dan HISKI Memperkuat Kerja Sama di Bidang Kesastraan

Jakarta—Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I dan Pelantikan Pengurus HISKI Komisariat di Gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Rawamangun, Jakarta, Jumat, 4 Maret 2016.

“Dalam rangka membentuk ekosistem yang kuat pada program-programnya, Badan Bahasa menyambut baik kerja sama dengan HISKI, terutama dalam bidang kesastraan,” ucap Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Dadang Sunendar saat menerima audiensi pimpinan HISKI di ruang kerjanya. Ia pun mencontohkan kerja sama itu, “Untuk Pusat Pengembangan dan Pelindungan, kerja sama penambahan lema terkait sastra bisa dimasukkan dalam pengayaan kosakata, untuk Pusat Pembinaan, ada bengkel sastra dan program peningkatan apresiasi sastra lainnya, dan untuk Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, ada penerjemahan karya sastra dan cerita  rakyat untuk mengisi laboratorium kebinekaan bahasa dan sastra,“ lanjutnya.  

Sementara itu, menurut Ketua Umum HISKI periode 2015-2019, Prof. Dr. Suwardi Endraswara, Ada tiga agenda penting kita berkumpul di Badan Bahasa Jakarta. Pertama, kita akan melaksanakan silaturahmi (audiensi) kepada Bapak Kepala Badan Bahasa dan staf yang terkait, kedua, pelantikan dan pengukuhan pengurus HISKI Komisariat Badan Bahasa,  Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Pakuan Bogor, dan Bandung, dan ketiga, melaksanakan Rapimnas I,  sebab banyak hal yang perlu diselesaikan secara bersama oleh para pimpinan HISKI.

“Kami memberikan penghargaan dan terima kasih kepada Kepala Badan Bahasa dan jajarannya yang menerima kami dan memberikan fasilitas dalam upaya menghidupkan dan membangkitkan kembali HISKI,” kata Suwardi.

Ketua Komisariat yang dilantik adalah Jonner Sianipar untuk Komisariat Badan Bahasa, Tera Widiastuti untuk Komisariat Universitas Indonesia, Siti Gomo Attas untuk Komisariat Universitas Negeri Jakarta, Agnes untuk Komisariat Universitas Pakuan Bogor, dan Lina untuk Komisariat Bandung. (an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa