Badan Bahasa: Perlunya Standardisasi dan Kesepakatan Bersama untuk Memperkuat Program BIPA

Badan Bahasa: Perlunya Standardisasi dan Kesepakatan Bersama untuk Memperkuat Program BIPA

Bogor—Dalam rangka standardisasi program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang di dalamnya membahas mengenai pengajar, kompetensi dan penyelenggara BIPA, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menyelenggarakan kegiatan Standardisasi Program BIPA, pada tanggal 29—31 Maret 2016, di Hotel Salak, Bogor.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Dadang Sunendar mengatakan bahwa perlu dibuat standar program BIPA sementara, yang nantinya dilakukan uji publik dan dikembangkan lebih baik lagi.

Saat ini, masih ada dikotomi antara Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (UKBIPA). “Dalam dikotomi ini perlu dibahas bagaimana baiknya, karena kita harus memiliki standar apapun bentuknya,  salah satu caranya mungkin dengan mengkonversi standar UKBI yang memiliki tujuh level ke standar Common European Framework of Reference (CEFR) yang memiliki enam level,” tutur Dadang.

Di luar negeri, saat ini terdapat 200 lebih lembaga yang mengajar BIPA. “Dalam hal ini kita tidak bisa menganut prinsip asal orang Indonesia maka pasti bisa mengajar BIPA. Oleh karena itu, kita juga perlu mengimbau perguruan tinggi untuk membuka program studi BIPA dan harus ada kesepakatan pada jenjang apa program ini diselenggarakan, apakah D3, S1, S2 atau setara dengan pendidikan profesi,” ungkap Dadang.

Sebagai program prioritas dari PPSDK, pengajaran BIPA merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 57 tentang peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Untuk itu, kegiatan yang mendatangkan pakar dan praktisi kebipaan dari perguruan tinggi, asosiasi BIPA, dan Badan Bahasa ini diharapkan dapat menghasilkan pedoman yang memiliki kekuatan hukum sehingga dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan BIPA. (dn/an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa