Kamus Angkola/Mandailing Segera Diluncurkan!

Kamus Angkola/Mandailing Segera Diluncurkan!

Medan – Dalam hitungan hari, Kamus Angkola/Mandailing – Indonesia edisi terbitan Balai Bahasa Sumatera Utara segera diluncurkan. Hal ini disampaikan Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Dr. Tengku Syarfina, M.Hum. pada acara Lokakarya Kamus Angkola/Mandailing – Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Madani Medan, pada hari Selasa, 5 April 2016.

“Insya Allah bulan Mei, Kamus Angkola/Mandailing akan selesai dan segera kita luncurkan,” ujar Syarfina. Pada kegiatan lokakarya tersebut, Syarfina menuturkan Kamus Angkola/Mandailing sudah masuk masa pracetak, selanjutnya proses revisi akhir sebelum dicetak. “Kegiatan lokakarya ini adalah proses pemutakhiran data dan revisi akhir sebelum dicetak secara utuh,” ucapnya.

Syarfina juga mengungkapkan, penerbitan Kamus Angkola/Mandailing merupakan upaya pengembangan dan pelestarian serta pemertahanan bahasa daerah. Suatu kenyataan bahwa sebagian besar masyarakat telah meninggalkan, bahkan tidak tahu lagi bahasa daerahnya. “Sangat memprihatinkan, masyarakat kita sudah tidak tahu lagi bahasa daerahnya, lambat laun bahasa-bahasa itu akan punah,” ungkap Syarfina.

Kamus ini akan melengkapi kamus sebelumnya yang telah diterbitkan oleh  Balai Bahasa Sumatera Utara yaitu Kamus Simalungun – Indonesia. Setelah Kamus Angkola/Mandailing selesai akan dilanjutkan dengan penerbitan Kamus Melayu – Indonesia,  saat ini sudah pada tahap validasi data. Seperti kamus pada umumnya, Kamus Angkola/Mandailing – Indonesia juga disusun secara alfabetis disertai dengan penjelasannya. Kamus ini memuat lebih kurang 4000 lema/kata.

Sementara itu, Anharuddin Hutasuhut, M.Hum., salah seorang dari tim penyusun Kamus Angkola/Mandailing menyebutkan bahwa proses penyusunan kamus ini telah berlangsung lebih dari dua tahun. “Lebih dua tahun kamus ini kami kerjakan. Kami juga harus bolak-balik ke daerah untuk mengumpulkan dan memverifikasi kosakata yang sudah terkumpul,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Lokakarya Kamus Angkola/Mandailing – Indonesia, Yulia Fitra, M.Hum. menambahkan bahwa untuk menunjang proses pemutakhiran, panitia menghadirkan sepuluh orang informan dari wilayah Angkola dan Mandailing serta empat orang narasumber bidang bahasa dan perkamusan. Bersama-sama dengan tim perkamusan Balai Bahasa Sumatera Utara, mereka akan berdiskusi selama dua hari, 5 – 6 April 2015.

“Para informan sengaja kami datangkan dari daerah. Mereka bersama narasumber dan tim penyusun akan berdiskusi dan membahas kamus ini sampai selesai dan siap untuk dicetak,” ujar Yulia. (AM/BalaiBahasaSumut)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa