Abdy dan Nisa Sandang Gelar Duta Bahasa DKI Jakarta 2016

Abdy dan Nisa Sandang Gelar Duta Bahasa DKI Jakarta 2016

Jakarta – Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2016, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Final Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta 2016 di Gedung Samudra Badan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu, 20 Agustus 2016.

Pada kesempatan itu, Abdy Azwar Sahi (London School of Public Relations) dan Nisa Vidya Yuniarti (Universiats Indonesia) terpilih sebagai Duta Bahasa DKI Jakarta 2016. Dan selanjutnya, akan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional bulan Oktober mendatang.

“Seorang duta bahasa harus mampu mengutamakan bahasa Indonesia, menguasai bahasa daerah, dan mempelajari bahasa Inggris dengan baik,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Penghargaan, Nilam Suri saat membuka acara itu.

Ia pun menambahkan bahwa tahun ini telah terbentuk Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta. “Jadi, seluruh finalis yang hadir juga merupakan anggota keluarga besar Badan Bahasa, yang dapat mencoba berperan dalam merealisasikan program-program dalam rangka pengutamaan bahasa Indonesia,” ungkap Nilam.

Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta tahun ini mendapatkan animo yang tinggi dari generasi muda, hal itu terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar. “Ada 187 peserta yang mendaftar, namun hanya 50 orang yang lulus seleksi, terdiri dari 19 pria dan 31 wanita,” ujar Ni Putu Ayu Widari, Koordinator Pemilihan Duta Bahasa DKI Jakarta 2016.

Lebih lanjut, Ayu mengatakan bahwa para finalis ini telah mengikuti proses seleksi sejak tanggal 17 Agustus 2016, dan setiap finalis dituntut memiliki rancangan kegiatan yang nantinya diharapkan dapat diimplementasikan oleh Badan Bahasa.

“Para finalis ini selain memenuhi kriteria umum, juga memiliki visi dan misi, bagaimana bahasa Indonesia bisa berkembang mengikuti zaman,” tutur Ayu.

Adapun aspek yang dinilai adalah kemahiran berbahasa Indonesia, kemahiran berbahasa Inggris, pengetahuan umum dan kebahasaan, sikap, kepribadian dan penampilan, minat dan bakat, serta aktivitas harian.  

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan peran generasi muda di wilayah DKI Jakarta dalam memantapkan upaya pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa Indonesia dan bahasa daerah serta penguasaan bahasa asing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa. (iw/an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa