Balai Bahasa Jabar Gelar Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2016

Balai Bahasa Jabar Gelar Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2016

Bandung – Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2016, Balai Bahasa Jawa Barat menyelenggarakan Final Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2016 di Hotel Harris Festival Citylink, Bandung, Kamis, 8 September 2016.

Pada kesempatan itu, Ikhsan Mauludin (SMAN 2 Cimahi) dan Rossy Andini Herindra Putri (SMAN 2 Cianjur) terpilih sebagai Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2016. Sebelumnya, sebanyak 405 peserta tercatat mengikuti seleksi awal kegiatan ini.

Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2016 merupakan kegiatan tahunan Balai Bahasa Jawa Barat, dan tahun ini adalah penyelenggaraannya yang ke-6. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berasal dari sekolah negeri dan swasta di Jawa Barat, yang terdiri atas sekolah menengah atas, sekolah kejuruan, dan pesantren.

Koordinator acara Nia Kurnia, M.Hum., menjelaskan bahwa para peserta diwajibkan membuat proposal kegiatan yang berisi gagasan-gagasan baru terkait kebahasaan dan kesastraan. “Ada program-program inovatif yang berasal dari anak-anak muda ini, terutama untuk kemajuan balai bahasa,” ungkap Nia.

“Kita perlu ide-ide segar dari mereka yang bisa kita adopsi dan diajukan ke pusat, agar dapat direalisasikan,” tambah Nia.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa daerah, dan berbahasa asing secara proporsional, serta meningkatkan perhatian dan wawasan generasi muda terhadap pelestarian bahasa daerah.    

Juri pada kegiatan itu adalah Drs. Muh. Abdul Khak, M.Hum., Temmy Widiastuti, M.Pd., Alison Victoria Thackray, Taufik Hidayat Udjo (Saung Angklung Udjo), dan Listya S.Kom. (iw/an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa