Agung Qosim dan Dina Anggraini Terpilih sebagai Duta Bahasa Sumut 2016

Agung Qosim dan Dina Anggraini Terpilih sebagai Duta Bahasa Sumut 2016

MEDAN –  Agung Qosim dan Dina Anggraini terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Ajang yang digelar Balai Bahasa Sumatera Utara selama tiga hari, 22 – 24 September 2016 di Hotel Garuda Plaza Medan ini, diikuti lebih 50 peserta dari berbagai daerah dan perguruan tinggi di Sumatera Utara.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Dr. Hj. Tengku Syarfina, M.Hum., dalam sambutannya mengatakan, Pemilihan Duta Bahasa adalah upaya melibatkan pemuda dalam menjaga jatidiri bangsa Indonesia. Para pemuda diharapkan memiliki kemahiran berbahasa, yang sikap dan perilakunya dapat dijadikan teladan untuk mengembangkan bahasa Indonesia dan membentuk karakter serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

Berkaitan dengan itu, sejak tahun 2006 Balai Bahasa Sumatera Utara telah melaksanakan Pemilihan Duta Bahasa untuk Tingkat Provinsi Sumatera Utara secara rutin. “Para Duta Bahasa terpilih akan menjadi mitra kerja Balai Bahasa Sumatera Utara dalam pemasyarakatan maupun pelestarian bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Mereka juga akan menjadi  wakil Sumut pada tingkat regional dan nasional.” jelas Syarfina.

Sementara itu ketua panitia, Yulia Fitra, M.Hum., menerangkan bahwa kegiatan Pemilihan Duta Bahasa kali ini berbeda dengan pemilihan tahun-tahun sebelumnya. Setelah melakukan seleksi administrasi (keabsahan dokumen) dan penilaian proposal, 20 orang finalis (10 putra dan 10 putri) terpilih untuk mengikuti tahapan selanjutnya, seperti pembekalan kebahasaan, wawancara, tes kepribadian, tes UKBI, dan presentasi proposal. Selain itu, mereka juga dilatih dan diuji kemampuan komunikasinya, kerja sama tim, dan kemampuan bakatnya.  

Hasil penilaian dewan juri, Agung Qosim Yus, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara (USU), dan Dina Anggraini, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (UNPRI) mengungguli peserta-peserta lain. Mereka juga tampil tenang pada malam final dan mampu menjawab dengan baik setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan juri.

Tujuh orang ahli dari berbagai profesi didaulat menjadi dewan juri pada perhelatan Pemilihan Duta Bahasa kali ini, yakni Dr. Tengku Syarfina, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Sumut),  Muhri Fauzi Hafiz (DPRD Sumut), Kintari Ayuaninditha (pakar komunikasi), Salbiyah Nurul Aini, M.M. (Kasubbag TU BBSU), Martin, M.Hum. (pakar bahasa), Rizky Syahfitri (psikolog), dan Dian Syafitri (Dubas 2008 / Dekan FKIP Unpri).

Selain dihadiri unsur Muspida Pemerintah Sumatera Utara, Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Sumatera Utara 2016 ini juga dihadiri civitas akademika dari berbagai universitas. Turut serta hadir para Duta Bahasa tahun-tahun sebelumnya dan duta-duta lain, seperti Mr. Tourism Indonesia, Duta Pariwisata Sumut, Duta Mahasiswa Genre Sumut, Miss Teen, Putra Indonesia, Duta Lingkungan Medan, dan Duta Remaja Sumut.

Selengkapnya hasil pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara 2016:
Duta Bahasa          : Agung Qosim Yus dan Dina Anggraini
Wakil I                      : Restu Anugerah dan Ayu Juwita
Wakil II                     : M. Ibrahim dan Putri Khumairah
Pemenang IV          : Zainal Abidin dan Rossi Pratiwi Sihombing
Pemenang Favorit : Adi Putra Rajagukguk dan Amaliana Ramadhini
(AM/balaibahasasumut)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa