Penyegaran Berbahasa bagi Insan Media Massa Cetak

Penyegaran Berbahasa bagi Insan Media Massa Cetak

Jakarta, Badan Bahasa — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) mengadakan kegiatan Penyegaran Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Insan Media Massa di Gedung Samudra, Rawamangun, Jakarta. Kegiatan  ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29—30 Maret 2017 yang diikuti oleh insan media massa cetak. Kegiatan yang sama bagi insan media massa elektronik akan diadakan pada tanggal 5—6 April 2017.

Pada pembukaan kegiatan, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan bahasa Indonesia. “Melalui kegiatan ini, kami berharap, kami dapat menjelaskan kebijakan dan program-program Badan Bahasa kepada Bapak dan Ibu. Selanjutnya, Bapak dan Ibu juga dapat berbagi pengalaman mengenai kesulitan dalam menulis,” ujar Dadang.

“Kami telah memiliki aplikasi daring dan luring Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, silakan gunakan secara optimal. Bapak dan Ibu dapat mengusulkan kosakata baru melalui aplikasi kamus ini,” tambah Dadang.

Pada kesempatan yang sama Gufran Ali Ibrahim, Kepala Pusat Pembinaan menyampaikan bahwa insan media merupakan mitra Badan Bahasa yang berkaitan dengan pemartabatan bahasa Indonesia. “Badan Bahasa menganggap Saudara adalah garda depan pemulia bahasa, pemartabat bahasa karena teman-teman inilah yang sehari-harinya menggunakan bahasa Indonesia,” kata Gufran.

Kepala Bidang Pemasyarakatan, Pusat Pembinaan, Mustakim menjelaskan bahwa dalam kurun waktu lima tahun Badan Bahasa baru melatih 583 wartawan. “Jumlah wartawan di Jakarta kurang lebih 5.000 orang. Artinya, kita baru bisa melatih 10%,” ungkap Mustakim.

“Harapan kami, secara bertahap pada tahun-tahun yang akan datang insan media dapat mengikuti kegiatan pelatihan bahasa Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas Badan Bahasa melalui Pusat Pembinaan,” tambah Mustakim.

Mustakim berharap melalui kegiatan ini mutu penggunaan bahasa Indonesia dapat terus meningkat. “Dengan pelatihan ini teman-teman media dapat meningkatkan mutu penggunaan dan penguasaan bahasa Indonesia sehingga bahasa yang digunakan di media menjadi lebih bermutu,” ujar Mustakim.

“Badan Bahasa berharap mutu penggunaan bahasa Indonesia terus meningkat karena media massa menjadi rujukan di masyarakat. Masyarakat banyak mencontoh penggunaan bahasa Indonesia di media massa,” ujar Mustakim. Badan Bahasa berkomitmen untuk terus berupaya memfasilitasi insan media agar dapat meningkatkan mutunya dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Kegiatan Penyegaran Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Insan Media Massa mengundang empat puluh peserta yang berasal dari 23 media cetak nasional, di antaranya Media IndonesiaWanita IndonesiaMajalah BoboRepublika, dan Suara Pembaruan. Selain kegiatan pelatihan penyegaran, Pusat Pembinaan juga mengadakan Safari Bahasa yaitu kunjungan staf Pusat Pembinaan ke beberapa kantor media massa. Pada tahun ini akan diadakan Safari Bahasa ke sepuluh kantor media massa. (iw)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa