Final Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2017

Final Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2017

Badan Bahasa, Magelang—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada tahun ini kembali menyelenggarakan kontes Duta Bahasa. Acara ini merupakan ajang kecakapan di bidang kebahasaan dan kesastraan untuk mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah. Sejak kegiatan tersebut dipublikasi ke publik, peserta yang mendaftar mencapai 296 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Setelah melalui penyeleksian, wawancara, dan tes UKBI, tersaring 15 orang pasang mahasiswa yang tampil pada final yang diselenggarakan pada 22-23 Juli 2017 di Hotel Safira, Magelang, Jawa Tengah.

 

Ketika dijumpai menjelang acara final, Poetri Mardiana, ketua panitia kegiatan, menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan duta bahasa setiap tahunnya adalah ingin menghasilkan agen-agen perubahan di masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa, agar mereka dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pada saat final tahap pertama dilangsungkan, juri yang terdiri atas Yeyen Maryani (Staf Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), R.Ay. Febri Hapsari Dipokusumo (Motivator FHD), dan Hanifan Fuadi (Duta Bahasa Nasional 2011) berhasil menapis peserta menjadi 3 pasang setelah semua peserta unjuk kemampuan mempresentasikan usulan kegiatan kebahasaan dan kesastraan, serta unjuk kecakapan memperlihatkan keluasan wawasan dalam menjawab pertanyaan.

Pada final enam besar, 23 Juli 2017, yang diadakan di auditorium Hotel Safira, Magelang, Jawa Tengah, keenam finalis mengikuti tes terakhir, yaitu menjawab pertanyaan dalam waktu yang terbatas. Pertanyaan yang diajukan oleh para juri masih sama seperti pada final tahap pertama, yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris. Finalis harus menjawab dalam bahasa bahasa yang ditanyakan oleh masing-masing juri. Pada akhirnya, juri memutuskan memilih Faisal Indra Permana yang berasal Surakarta dan Titah Banu Arum Mumpuni yang berasal dari Magelang, sebagai pasangan juara Duta Bahasa 2017, Provinsi Jawa Tengah. Pasangan pemenang ini akan mengikuti ajang duta bahasa tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus 2017 di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta. (td)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa