Safari Bahasa: Penerapan Bahasa di Media Bersama I-Radio

Safari Bahasa: Penerapan Bahasa di Media Bersama I-Radio

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak (Cangara, 2006:119). Media memiliki peran penting karena berhubungan langsung dengan masyarakat sekaligus menjadi contoh penggunaan bahasa diruang publik. Latar belakang itulah yang mengantarkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan audiensi dengan I-Radio pada Rabu, 25 Juli 2017 yang bertempat di kantor I-Radio, Gedung Sarinah Lantai 8, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang diberi nama Safari Bahasa ini merupakan agenda tahunan yang telah berlangsung selama tiga tahun. Pada tahun 2017 ini telah dilakukan sepuluh kali. Tujuan kegiatan ini untuk membahas penggunaan bahasa Indonesia, salah satunya di ruang media.

Safari ini dipimpin oleh Drs. Mustakim, M.Hum. selaku Kepala Bidang Pemasyarakatan, Badan Bahasa. Mustakim memaparkan  peran dan fungsi bahasa Indonesia sekaligus menyampaikan ketertarikannya pada slogan I-Radio, yaitu “100% Cinta Musik Indonesia”. “Sejak didirikan pada 28 Maret 2001, I-Radio memang sudah konsisten memutar musik Indonesia 100%,” tutur Nino, Pihak I-Radio. “Selain itu, I-Radio tidak sekadar memutar lagu, tetapi juga mengedukasi masyarakat,” jelas Nino.

Hal itulah yang membuat Badan Bahasa berkunjung ke I-Radio dengan harapan dapat bekerjasama dalam pengutamaan bahasa Indonesia. Badan Bahasa pun turut memberikan produk sebagai referensi. “Kami siap membantu segala sesuatu yang berkaitan dengan materi kebahasaan,” ungkap Mustakim. (Riska Yuvista/HW)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa