Badan Bahasa dan UIN Tingkatkan Kerja Sama Terkait Pengajaran BIPA

Badan Bahasa dan UIN Tingkatkan Kerja Sama Terkait Pengajaran BIPA

Jakarta, Badan Bahasa — Dalam rangka meningkatkan sinergi terkait pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia, khususnya dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), serta pemanfaatan sarana dan prasarana bersama, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama di Wisma Syahida, Kampus II UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017.

Sekretaris Badan Bahasa, Ilza Mayuni, yang hadir mewakili Kepala Badan Bahasa dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan Bahasa sangat menyambut baik prakarsa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menginisiasi kerja sama ini.

Lebih lanjut, Ilza menyampaikan bahwa pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik, konservasi dan revitalisasi bahasa daerah, peningkatan literasi bahasa, dan peningkatan diplomasi kebahasaan dalam rangka peningkatan fungsi bahasa Indonesia khususnya sebagai bahasa pengantar di Kawasan ASEAN merupakan empat program prioritas Badan Bahasa.

Ia berharap, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Badan Bahasa dapat berkerja sama dalam salah satu atau seluruh bidang-bidang ini.

“Harapan kita ke depan bahasa Indonesia dapat kita utamakan, bahasa daerah dapat kita pelihara, dan penguasaan bahasa asing tentunya untuk meningkatkan daya saing bangsa,” ujar Ilza.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan pengejawantahan dari misi Badan Bahasa sendiri, terutama dalam membangun ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta memperkuat diplomasi di bidang kebahasaan.

Oleh karena itu, Badan Bahasa berharap kerja sama ini benar-benar dapat diimplementasikan dalam program aksi yang sesungguhnya.

“Kami sekali lagi berharap kerja sama ini dapat kita tingkatkan di masa mendatang” tutup Ilza. (jm/an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa