Badan Bahasa Siap Dukung Asian Games 2018

Badan Bahasa Siap Dukung Asian Games 2018

Badan Bahasa dan Panitia Pelaksanaan Asian Games 2018 (INASGOC) kembali duduk dalam satu meja pada hari Jumat (6-4-2018). Dukungan kebahasaan demi suksesnya pesta olahraga se-Asia ini dibahas makin intensif.
INASGOC mengirim delapan orang anggotanya untuk hadir dalam pertemuan lanjutan hasil audiensi Erick Thohir dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 16 Maret 2018. Pertemuan lanjutan ini berlangsung di Gedung Iswara, Badan Bahasa, Rawamangun dengan agenda pembahasan bentuk konkret dukungan Badan Bahasa dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 dengan misi: membangkitkan citra dan martabat (national dignity) di dunia internasional.
Dari diskusi yang telah dilakukan itu, terdapat beberapa kesepakatan penting yang perlu digarisbawahi. Berkenaan dengan buku saku praktis berbahasa Indonesia yang berjudul Tujuh Hari Pertama di Indonesia: Your First Seven Days in Indonesia (produk Badan Bahasa),  diperlukan penyelarasan agar isinya selaras dengan keperluan para atlet dan penonton. Buku saku usulan Badan Bahasa itu  akan dijadikan satu dalam sebuah aplikasi yang telah disusun untuk para atlet dan pengunjung Asian Games 2018 dengan mengintegrasikan produk-produk kementerian lain, seperti produk dari Kemenhub dan Kemenpar.
Selain itu, usulan Badan Bahasa terkait dengan penggunaan bahasa negara pada ruang publik Asia Games 2018 akan disampaikan kepada seluruh bagian. Dalam hal ini, INASGOC akan segera mengumpulkan kosakata/peristilahan bahasa asing yang akan dipanjang pada papan/alat informasi publik dan menyerahkan daftarnya kepada Badan Bahasa untuk dicari padanan yang sesuai dengan bahasa Indonesia. Dengan demikian bahasa Indonesia sebagai bahasa negara pun akan terpajang menunjukkan jati diri bangsa di arena Asian Games nanti. Lebih lanjut, tim Badan Bahasa juga menawarkan penyegaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan publikasi media INASGOC.
Dalam pelaksanaannya nanti, selain melibatkan Badan Bahasa dalam rapat-rapat koordinasi, pihak INASGOC juga memberikan kesempatan kepada Badan Bahasa untuk mengirimkan perwakilannya menghadiri Asian Games 2018. Hingga hari pelaksanaan nanti, kedua belah pihak diharapkan dapat menjalin komunikasi dan terus berkoordinasi untuk menyukseskan visi dan misi yang telah dibangun. (rp)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa