Mahasiswa Universitas Pakuan Ikuti Tes UKBI

Mahasiswa Universitas Pakuan Ikuti Tes UKBI

Jakarta, Kamis (5-4-2018), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mendapat kunjungan 91 mahasiswa Universitas Pakuan, Bogor. Pada pagi hari mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa itu mengikuti  tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Aula Sasadu, Gedung Samudra. Selanjutnya, mereka disuguhi paparan  materi seputar  penelitian kebahasaan dan kesusastraan oleh Kepala Bidang Pelindungan, Dr. Ganjar Harimansyah,  dan Mardi Nugroho. Ketika ditanya mengenai bagaimana kesan setelah pelaksanaan tes UKBI, beberapa mahasiswa mengaku tertarik dan merasa tertantang  untuk lebih mendalami kaidah bahasa Indonesia.

Liawati, salah saorang peserta tes, berujar, “Antusias, sih. Baru sekarang saya tahu bahwa    ada tes atau uji  kemampuan berbahasa Indonesia. Jadi, mirip TOEFL untuk tes bahasa Inggris.”

Tanggapan positif juga disampaikan oleh Fauzan. Ia mengaku telah mendapat pengalaman dan ilmu baru mengenai bahasa Indonesia. Adapun kesulitan yang mereka keluhkan adalah ketika menghadapi seksi ketiga. Mereka diharuskan membaca teks bacaan dalam waktu yang cukup singkat

“Jujur,  pada  seksi ketiga itu saya sangat bingung, gitu, karena waktunya terbatas. Nggak fokus ngerjainnya,” tukas  Suwandi saat ditanya kendala yang dihadapi ketika  mengikuti tes UKBI. Hal serupa juga dikeluhkan oleh Liawati, “Kata-kata dalam  paragraf tertentu ada yang sulit saya pahami”. Berdasarkan penjelasan tersebut, kemampuan membaca cepat beberapa peserta belum maksimal.

Dengan adanya tes UKBI, para mahasiswa dapat menguji pengetahuan dan kemampuan mereka dalam memahami bahasa negaranya sendiri. Diharapkan pada masa yang akan datang para peserta UKBI dapat menyadari kekurangan mereka  sehingga tergerak untuk mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa