Duta Bahasa Sumut Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Duta Bahasa Sumut Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Medan – Patrial Olivert Zega, mahasiswa Universitas Negeri Medan, dan Friska Situmorang, mahasiswa Politeknik Negeri Medan, terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Bahasa Sumatra Utara pada Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Utara 2018. Penobatan itu dihelat oleh  Balai Bahasa Sumatra Utara di Hotel Polonia Medan, Sabtu, 5 Mei 2018. Prosesi penyematan samir (selempai)  Duta Bahasa Sumatra 2018 dilakukan langsung oleh Duta Bahasa Sumut 2017, Winro Tamba dan Yunita Marpaung. Dengan penobatan tersebut, Patrial dan Friska akan mewakili Sumatra Utara dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional yang akan digelar pada bulan Agustus 2018 di Jakarta.

Pada hari yang berbahagia itu Friska dan Patrial berkomentar, “Kami bersyukur dan bangga bisa terpilih menjadi Duta Bahasa Sumatra Utara. Mudah-mudahan kami bisa menjadi teladan dalam pengutamaan bahasa Indonesia,” ujar Friska dengan mata berkaca-kaca. “Kami siap bersaing di tingkat Nasional,” sambung Patrial bersemangat.

Kepala Balai Bahasa Sumatra Utara, Dr. Fairul Zabadi  dalam sambutannya pada malam puncak pemilihan menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi nawacita Presiden Jokowi. Menurut Fairul,  kegiatan ini akan melahirkan duta bahasa yang mampu melaksanakan tugas memasyarakatkan kepedulian, kecintaan, dan kebanggaan pada bahasa  Indonesia dan sastra daerah untuk mengawal dan merawat rasa cinta generasi muda  pada bahasa Indonesia.

“Pemilihan duta bahasa adalah upaya melibatkan pemuda dalam menjaga jati diri bangsa Indonesia. Para pemuda diharapkan memiliki kemahiran berbahasa, yang sikap dan perilakunya dapat dijadikan teladan untuk mengembangkan bahasa Indonesia dan membentuk karakter serta menumbuhkan rasa nasionalisme,” tambah Fairul. “Bagi peserta yang menang saya ucapkan selamat, dan bagi yang belum berhasil tetaplah bersemangat Semua peserta ini adalah  kawula muda pilihan. Saya berharap, teruslah bersikap lebih mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia,” ungkap Fairul menutup sambutannya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Yulia Fitra, M.Hum., menerangkan bahwa kegiatan   ini bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing. Kegiatan kebahasaan  ini diikuti oleh 240 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sumatra Utara. Setelah melakukan seleksi administrasi, penilaian esai, dan wawancara, di antara peserta terpilih 20 finalis (10 putra dan 10 putri). Selanjutnya, 20 finalis ini mengikuti masa karantina selama tiga hari. Dalam masa karantina, menurut Yulia, para finalis ini menjalani tahapan pembekalan kebahasaan, tes kepribadian, tes UKBI, dan presentasi proposal. Selain itu, mereka juga dilatih dan diuji kemampuan komunikasinya, kerja sama tim, dan kemampuan bakatnya.  “Hasil penilaian dewan juri dari 20 finalis, Patrial Olivert Zega dan Friska Situmorang rata-rata unggul di semua tahapan seleksi. Pada malam ini juga, mereka tampil tenang dan percaya diri. Mereka mampu dengan baik menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dewan juri,” jelas Yuliadi di hadapan para awak media yang hadir pada malam puncak pemilihan.

Lima orang dari berbagai profesi didaulat menjadi dewan juri pada Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa kali ini: Mora Nasution (pakar komunikasi dari On The Stage), Putri Mentari Sitanggang (Putri Indonesia Sumut 2016), Muhri Fauzi Hafiz (DPRD Sumut), Dr. Fairul Zabadi (Kepala Balai Bahasa Sumut), dan Salbiyah Nurul Aini, S.E., M.M. (KTU Balai Bahasa Sumut).

Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Sumatra Utara 2018 semakin meriah karena dihadiri lebih 300 orang undangan. Selain dihadiri perwakilan pemerintah daerah, DPRD, Kepala UPT kantor LPMP, Balai Arkeologi, BP PAUD, dan Dikmas, turut serta hadir para duta bahasa Sumut tahun-tahun sebelumnya dan duta lain, seperti Mr. Tourism Indonesia, Jaka Dara Medan, Duta Kampus, Duta Internet, Duta Pariwisata Sumut, Duta Mahasiswa Genre Sumut, Miss Teen, Putra Indonesia, Duta Lingkungan Medan, dan Duta Remaja Sumut, termasuk  sanak famili para finalis.

Selengkapnya hasil pemilihan Duta Bahasa Sumatra Utara 2018:

Duta Bahasa Sumut               : Patrial Olivert Zega dan Friska Situmorang

Wakil I Dubas Sumut              : Muhammad Iqbal Al Fahri dan Mila Khairani.

Wakil II Dubas Sumut             : Hartarto dan Adinda Isna Batubara

Dubas Sumut Favorit              : Hamsa Aulia Pohan dan Difadila Malindo

Dubas Sumut Medsos            : Satria Luki Amor Girsang

Dubas Sumut Berbakat          : Hamsa Aulia Pohan

(AM/bbsu)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa