Balai Bahasa Sumut Perkuat Kerja Sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara

Balai Bahasa Sumut Perkuat Kerja Sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara

Medan – Dalam upaya meningkatkan kerja sama  terkait dengan pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia, Kepala Balai Bahasa Sumatra Utara, Dr. Fairul Zabadi, melakukan pertemuan (audiensi) dengan Kepala Biro Humas Pemprovsu, Drs. Ilyas Sitorus, M.Pd., Selasa, 20 Februari 2018 di Kantor Gubernur Sumatra Utara, Jalan Pangeran Diponegoro No. 30, Medan. Pada kesempatan itu,   Fairul yang didampingi stafnya, Sahril, Agus Bambang, dan Nurelide, menyampaikan tiga program utama Balai Bahasa Sumut tahun 2018, yakni pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik, revitalisasi bahasa daerah dalam upaya pengayaan kosakata bahasa Indonesia, dan gerakan literasi.  

“Pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik, revitalisasi bahasa daerah, dan gerakan literasi yang berbasis penguatan pendidikan karakter menjadi agenda utama Balai Bahasa  tahun ini,” ujar Fairul.  Ditambahkan pula, “Sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Bahasa Sumut perlu meningkatkan koordinasi dan kerja sama  dengan Pemda Sumut di bidang pembinaan kebahasaan.”

Lebih lanjut Fairul  menyampaikan  apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Utara yang telah melahirkan Peraturan Daerah Sumatra Utara Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Pelindungan  Bahasa dan Sastra Daerah. “Alhamdulillah, lahirnya perda ini akan memberi peluang pada kita dalam upaya pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik,” ungkapnya.

Kepala Biro Humas Pemprovsu, Drs. Ilyas Sitorus, M.Pd.,  menyambut baik pertemuan ini dan siap membantu program Balai Bahasa Sumatra Utara, terutama yang menyangkut sosialisasi pengutamaan  bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa dan sastra daerah. “Kami selalu siap membantu. Kami akan siapkan gedung, baliho, banner, dan publikasi media. Mengenai perda ini, kami juga akan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota dan melakukan sosialisasi kepada guru-guru di sela-sela kegiatan pendidikan pelatihan guru,” jelas Ilyas.

Untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama ini, Ilyas menekankan bahwa dalam waktu dekat ini akan diupayakan pertemuan dengan Dinas Pendidikan, Perpustakaan Daerah, Dinas Pariwisata, dan pihak Balai Bahasa Sumatra Utara. “Bulan Maret atau April 2018 kita usahakan duduk bersama untuk membahas program apa saja yang bisa kita lalukan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” tukas Ilyas,   “Kami siap memfasilitasinya!”. (am/ns)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa