Berani Menulis Langkah Awal untuk Berkarya

Berani Menulis Langkah Awal untuk Berkarya

Okky Madasari menyampaikan materi terkait dengan  teknik penulisan cerpen pada hari kedua pelaksanaan Bengkel Sastra Lanjutan bagi Guru di DKI, Selasa, 7 Agustus di Aula Sasadu, Badan Bahasa. Jakarta,  Penulis yang telah menghasilkan berbagai karya sastra ini berbagi pengalaman dan ilmu yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh  para peserta dalam penulisan karya kreatif. Para peserta pun tampak antusias ketika Okky menceritakan proses kreatifnya dalam berkarya.

“Kalau kita tidak terbebas dari rasa takut, kita tidak akan bisa menulis apa-apa,” jawab  Okky ketika ada peserta bertanya seputar bagaimana cara melawan keraguan untuk menulis. Ia pun menyampaikannya agar setelah pelatihan tersebut, para guru lebih percaya diri dalam berkarya. Baginya, perasaan seperti kecewa karena karya yang sudah susah payah ditulis mendapat kritik atau ditolakoleh penerbit. Menurut Okky, rasa   takut tidak dapat menyelesaikan setiap persoalan. Rasa takut atau ragu  adalah sesuatu yang wajar, tetapi harus dihadapi dengan percaya diri. Ia pun menambahkan bahwa penulis sekelas dirinya saja masih sering mendapat penolakan karena faktor tertentu, misalnya selera editor. Oleh sebab itu, Okky menyemangati para peserta agar tidak menyerah dan teruslah berkarya.

Selain mendapatkan materi seputar teknik penulisan cerpen, peserta juga diberi  pelatihan menulis. Melalui penyampaian materi, diskusi, dan pelatihan tersebut, Okky Madasari berharap  agar peserta terpancing dan pada akhirnya hatinya tergerak untuk menulis karya sastra. Baginya yang terpenting dalam menulis adalah minat dan niat yang kuat untuk berkarya. (rp)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa