Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa Ajak Peserta Bengkel Sastra Rajin Berkarya

Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa Ajak Peserta Bengkel Sastra Rajin Berkarya

Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa, Gufran Ali Ibrahim, menyajikan materi terkait dengan teknik penulisan artikel dalam kegitan Bengkel Sastra Lanjutan bagi Guru di DKI, Selasa (7-8-2018), di Aula Sasadu, Badan Bahasa, Jakarta. Kegitan yang diadakan selama tiga hari (6—8 Agustus 2018) tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat berkarya sastra para guru   melalui pertemuan tatap muka dengan para sastrawan.

“Penulis, menurut saya, adalah penguasa kata-kata, penguasa kalimat, dan penata paragraf. Ia mampu menguasai kata-kata, menjaganya, mengolahnya menjadi sesuatu yang menakjubkan, dan membuat orang lain ingin membaca tulisannya,” ujar Gufran kepada para peserta. Gufran juga menyampaikan bahwa kunci dari aktivutas  menulis adalah membaca. “Penulis yang baik pastilah seorang pembaca yang giat karena orang yang giat membaca pasti memiliki pengetahuan yang luas sehingga tidak mengalami kesulitan untuk mengembangkan ide, ” ujarnya 

Melalui penyampaian materi oleh para narasumber, diskusi, dan praktik menulis karya sastra, para peserta diminta untuk lebih aktif dan berai menulis atau  berkarya. Peserta yang terdiri atas lima puluh guru dari DKI Jakarta dan sekitarnya ini sebelumnya telah mengikuti kegiatan bengkel sastra pada 2017 (tingkat pemula) dan karyanya masuk dalam kumpulan karya terpilih. Lebih lanjut, hasil yang diharapkan dari kegiatan kali ini dapat diwujudkan berupa  kumpulan cerpen atau dalam bentuk antologi. (rp)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa