Pusat Pembinaan Gelar Festival Musikalisasi Puisi Tingkat DKI Jakarta

Pusat Pembinaan Gelar Festival Musikalisasi Puisi Tingkat DKI Jakarta

Jakarta, Badan Bahasa—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pembinaan kembali menyelenggarakan Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA se-DKI Jakarta, pada Rabu, 15 Agustus 2018 di Aula Sasadu, Gedung Samudra, Badan Bahasa, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pembelajaran, Dr. Tengku Syarfina mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan apresiasi sastra siswa (SMA sederajat) sehingga terbentuk jiwa yang kreatif dan berkarakter.

“Kami imbau agar para peserta mengikuti arahan dewan juri agar ketika berlomba dapat tampil dengan optimal dan mendapat hasil terbaik. Saya juga berpesan kepada yang lolos hari ini agar tidak merasa sombong, dan yang tidak lolos jangan bersedih dan terus semangat belajar untuk waktu yang akan datang,”tutur Syarfina.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Subbidang Tenaga Kebahasaan, Retno Utami, M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Bahasa. Pada tahun ini peserta yang berpartisipasi sejumlah 35 sekolah (SMA sederajat) di DKI Jakarta. Selain di Jakarta, kegiatan ini juga dilaksanakan di balai dan kantor bahasa di seluruh Indonesia.  

“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, tanggal 15 dan 16 Agustus (babak penyisihan), pada babak ini akan ditentukan sepuluh penampil terbaik yang akan tampil pada babak final, pada tanggal 21 Agustus 2018. Puncaknya, di bulan Oktober akan digelar Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional. Jadi, pemenang pertama Festival Musikalisasi Puisi Tingkat DKI Jakarta akan tampil di tingkat nasional,”kata Retno. (an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa