Perkuat Program Kemitraan, Duta Bahasa Nasional 2018 Audiensi dengan Plt. Kepala BPIP

Perkuat Program Kemitraan, Duta Bahasa Nasional 2018 Audiensi dengan Plt. Kepala BPIP

Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Pusat Pembinaan bersama dengan 32 finalis Duta Bahasa Nasional 2018 beraudiensi dengan plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. pada Rabu, 15 Agustus 2018 di Aula Lantai 1, Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan kuliah umum tentang ideologi Pancasila sehingga para finalis Duta Bahasa Nasional 2018 dapat melakukan sosialisasi memupuk kembali rasa cinta masyarakat terhadap bahasa Indonesia di daerah masing-masing.

“Pancasila bukan hanya untuk generasi tua, namun Pancasila merupakan ideologi untuk semua kalangan. Generasi muda juga harus merealisasikan dengan berbahasa yang baik karena bahasa yang baik mencerminkan perilaku yang konsisten. Oleh karena itu, jadikanlah Pancasila sebagai energi positif dan sumber inspirasi untuk menggapai mimpi dan membangun orientasi yang lebih besar dengan cara-cara yang bermartabat,” tutur Hariyono.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Bahasa. Pada tahun ini peserta Duta Bahasa Nasional yang berpartisipasi sejumlah 32 pasang atau 64 orang yang sudah diseleksi sebelumnya di daerah masing-masing melalui UPT Badan Bahasa.  

“Duta Bahasa Nasional ini merupakan pemantik kepedulian bahasa negara sebagai salah satu wujud nyata dari ideologi Pancasila tersebut. Untuk itu, Duta Bahasa Nasional diharapkan dapat membantu program-program Badan Bahasa dan balai/kantor bahasa dalam memperluas jangkauan penggunaan bahasa Indonesia di daerah, khususnya di ruang publik,”ungkap Dadang Sunendar. (ih)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa