Badan Bahasa Sosialisasikan Kongres Bahasa Indonesia Melalui RRI

Badan Bahasa Sosialisasikan Kongres Bahasa Indonesia Melalui RRI

Jakarta, Badan Bahasa—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bersama Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan RRI Pro 3 (88.8 FM) mengadakan gelar wicara tentang Kongres Bahasa Indonesia XI di Ruang Siaran BKLM, Gedung C, Kemendikbud, Jakarta, pada Senin, 27 Agustus 2018.

Hal itu dilakukan dalam rangka menyosialisasikan Kongres Bahasa Indonesia XI, yang akan digelar pada tanggal 28—31 Oktober 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Kepala Badan Bahasa, Dadang Sunendar dan Ketua Asosiasi Tradisi Lisan, Pudentia MPSS., menjadi narasumber pada gelar wicara tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Bahasa mengharapkan Kongres Bahasa Indonesia XI dapat menghasilkan kebijakan yang berdampak besar untuk memajukan bahasa dan sastra Indonesia. Salah satu contohnya adalah adanya pemahaman yang harus ditanamkan kepada peserta didik dari tingkat dasar bahwa bahasa Indonesia bukan sekadar alat berkomunikasi, tetapi merupakan jati diri dan perekat bangsa yang menjadikan bangsa ini besar.

Sementara itu, Ketua ATL, Pudentia MPSS., menuturkan bahwa kongres merupakan salah satu solusi pendorong kebijakan, sekaligus penyadaran kepada banyak pihak terkait upaya memajukan bahasa dan sastra Indonesia.

Sejarah penyelenggaraan Kongres Bahasa Indonesia bermula dari keinginan menegakkan bangsa Indonesia sebagai negara yang berdaulat, dan mempersatukan keragaman suku bangsa. Sementara itu, tema yang diangkat dalam pelaksanaan Kongres Bahasa Indonesia XI adalah “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”, yang berarti meningkatkan peran bahasa dan sastra Indonesia sebagai peneguh identitas bangsa di tengah globalisasi. (an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa