SAFARI BAHASA DI KALANGAN AWAK MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK

SAFARI BAHASA DI KALANGAN AWAK MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan sastra melakukan Safari Bahasa ke Kantor Berita Satu yang bertempat di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Maret 2019. Kegiatan Safari Bahasa ini merupakan agenda kerja yang telah beberapa kali dilakukan di sejumlah media cetak dan elektronik. Tujuannya  untuk  memartabatkan bahasa Indonesia, khususnya di ruang publik, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009.

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, sebagai institusi yang menangani kebahasaan dan kesastraan, akan terus berupaya menyosialisasikan pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik sesuai dengan slogan “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Daerah".

Dalam safari tersebut Kepala Bidang Pemasyarakatan,  Dra. Ovi Soviaty Rivai, M.Pd.  menuturkan, "Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan tidak pernah anti terhadap penggunaan bahasa asing, tetapi kami selalu menyeruakan pengutamaan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa kita. Jika memang diperlukan, penggunaan bahasa asinng itu harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Media cetak dan elektronik merupakan wahana penggunaan bahasa yang tidak dapat dilepaskan dari produktivitas keseharian para pengguna bahasa, yang tentu saja   secara tidak langsung memengaruhi sikap bahasa warga masyarakat. Untuk itulah, kegiatan Safari Bahasa yang digagas oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan sikap  positif  berbahasa Indonesia para jurnalis, wartawan, atau awak media lainnya, baik  media cetak maupun elektronik.

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa