Badan Bahasa Juarai Lomba Tenis Meja Antarunit Utama

Badan Bahasa Juarai Lomba Tenis Meja Antarunit Utama

Jakarta, Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menggelar sejumlah pertandingan,  termasuk lomba tenis meja antarunit utama di Aula Ruang Fitnes, Lantai 20, Gedung C,  Kemendikbud. Kegiatan yang berlangsung tanggal 15—16 April 2019 ini Badan Bahasa dipercayai sebagai tuan rumah pertandingan.

Selain bertujuan untuk memperingati Hardiknas,  kegiatan ini juga sebagai ajang mempererat silaturahmi dan  memotivasi serta meningkatkan keterampilan para peserta.  Demikian dikatakan oleh Ahmad Mahendra, Kepala Biro Umum Kemendikbud, ketika membuka acara pada Senin, 15 April 2019. Hendra, yang saat itu menggantikan Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan berhalangan hadir,  menuturkan bahwa kegiatan yang sudah menjadi rutinitas ini diharapkan mampu mencetak atlet yang handal sehingga bisa maju di ajang yang lebih bergengsi seperti lomba antarkementerian. 

"Selamat bertanding saya ucapkan kepada para peserta. Lomba ini adalah ajang untuk mempererat silaturahmi kita, selain memotivasi dan   meningkatkan keterampilan dalam bidang olahraga. Saya harap ajang perlombaan ini dapat mencetak para atlet handal Kemendikbud yang siap terjun ke pertandingan lainnya," tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Sutejo, Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, yang mewakili Ketua Panitia, Hurip Danu Ismadi, yang saat itu berhalangan hadir. Tejo, yang tengah menggunakan topi merah saat acara pembukaan berlangsung, mengaku bangga dengan semangat para atlet yang siap bertanding.  Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan silaturrahmi, meningkatkan keterampilan, dan diharapkan mampu mengharumkan nama Kemendikbud di pertandingan selanjutnya. Menurut Tejo, ajang ini tidak hanya antarunit utama Kemendikbud, tetapi akan meluas hingga antarkementerian nantinya.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf karena Bapak Hurip Danu Ismadi   berhalangan hadir saat pembukaan ini. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan silaturahmi kita dan para atlet diharapkan mampu mengharumkan nama Kemendikbud di ajang selanjutnya," tandasnya.

Perlombaan ini terbagi atas dua jenis, yakni perlombaan antarregu dan perseorangan.  Peserta lomba terdiri atas pegawai negeri sipil (PNS)  dan Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri (PPNPN). Delegasi dari Badan Bahasa terdiri atas dua tim: Hurip Danu Ismadi, Sutejo, Dede Jamaludin, Saprudin Padil, dan Efgeni untuk tim putra, sedangkan Tantri Dewi Karomah, Dwi Pudyastuti, Putriasari, dan Devi Virhana untuk tim putri.

Hasil perlombaan untuk kategori Perseorangan Putra , Juara I diraih oleh Ridwan (Direktorat Kebudayaan), Juara II oleh Nasrullah (Sekretariat Jenderal), dan Juara III dimenangi oleh Dede Jamaludin (Badan Bahasa). Kategori Perseorangan Putri, Juara I dimenangi oleh Tantri Dewi Karomah (Badan Bahasa), Juara II oleh Anita (Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan),  dan Juara III diraih oleh Aminah (Direktorat Kebudayaan).  Hasil lomba untuk cabang tenis meja  kategori Beregu Putra, Juara I diraih oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Juara II direbut  oleh Badan Bahasa, sedangkan Juara III diraih oleh Inspektorat Jenderal. Kategori Beregu Putri, Juara I dimenangi oleh Badan Bahasa, Juara II Sekretariat Jenderal, sedangkann Juara III jatuh pada Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. (DV)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa