Konsistensi Komunitas Tentukan Keberhasilan Literasi

Konsistensi Komunitas Tentukan Keberhasilan Literasi

Tembilahan--Tingkat keberhasilan literasi suatu daerah sangat ditentukan oleh konsistensi tempat dan komunitas. Selain itu, para pelaku atau pegiat literasi harus melakukan kegiatan tersebut dengan senang hati. Bukan hanya itu, orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut harus memiliki visi yang sama. Demikian disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Riau (BBR), Badan Pengembangan Bahasa da Perbukuan, Drs. Umar Solikhan, M.Hum, ketika menyajikan materi paparanya Kebijakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) dalam acara dalam  kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Minggu 21 April 2019, di Hotel Elite, Tembilahan. Kegiatan ini diberi tema  "Pemgembangan Budaya Literasi Melalui Penguatan Jejaring Komunitas Literasi". Selain Umar Solikhan, Griven H Putra tampil sebagai  pembicara.

Menurut Umar, saat ini Pemerintah sedang menggalakkan GLN dengan harapan masyarakat Indonesia, selain melek aksara, juga melek literasi. Selain punya minat yang tinggi untuk membaca berbagai karya dengan berbagai tema dan genre, juga diharapkan generasi sekarang punya kemampuan menulis dengan baik.  "Balai Bahasa Riau dalam hal ini menjadi jembatan dan memberi ruang pada berbagai komunitas yang ada di Riau, termasuk di Kabupaten Inhil ini, untuk memajukan dunia literasi secara  bersama-sama," ujarnya. Umar menambahkan bahwa tahun 2019 ini  Inhil mendapat kehormatan pertama pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurut Koordinator Panitia. Yeni Maulina, S.Pd. kegiatan di Inhil ini diikuti 125 peserta yang berasal  dari berbagai komunitas di Inhil, mahasiswa, dan dosen dari beberapa universitas. Komunitas yang ikut, antara lain Penggiat Literasi (IGI) Inhil, Media Guru, Volunteer Literasi Indragiri, Dhompet Dhuafa Inhil, TBM Hamfara Library, dan  DKIH,.  "Semula kami khawatir peserta yang hadir tidak banyak karena  kegiatan ini diselenggarakan pada  akhir pekan. Ternyata pesertanya banyak dan mereka sangat antusias," ujar alumni Fakultas Bahasa dan Seni  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu.

Pada kesempatan itu, atas nama Balai Bahasa Riau, Yeni mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut. "Saya  mengucapkan terima masih, terutama kepada para  peserta yang begitu antusias  mengikuti kegiatan ini,” ujar Yeni. “Ucapan terima kasih yang sama juga saya tujukan kepada  teman-teman panitia yang telah bekerja keras untuk suksesnya kegiatan ini," tambah Yeni lagi. (RP, Irwanto, Balai Bahasa Riau)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa