Mendikbud Buka Sosialisasi dan Tes UKBI bagi 500 Guru se-DKI Jakarta

Mendikbud Buka Sosialisasi dan Tes UKBI bagi 500 Guru se-DKI Jakarta

Jakarta, Badan Bahasa dan Perbukuan—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy membuka Sosialisasi dan Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi 500 guru se-DKI Jakarta di Aula Sasadu, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Jakarta, pada Jumat, 10 Mei 2019.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan bahwa guru merupakan profesi mulia yang bertugas mencetak generasi penerus bangsa yang gemilang. Oleh sebab itu, guru harus mempunyai kompetensi yang berkualitas sehingga dapat memengaruhi prestasi siswa ke arah yang lebih baik.

“Guru perlu memiliki kecakapan dalam mentransfer pengetahuannya kepada siswa. Salah satu kecakapan yang dibutuhkan guru adalah kemahiran dalam menggunakan bahasa. Kemampuan berbahasa menggambarkan keadaan alam pikiran, maka guru harus berbahasa yang runtut dan indah”,tutur Mendikbud.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Dadang Sunendar mengungkapkan bahwa pengembangan UKBI sebagai alat uji diiringi dengan fungsinya untuk mengukur kemahiran penutur bahasa Indonesia, baik penutur yang merupakan warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

“UKBI mengukur keterampilan aktif reseptif peserta uji dalam kegiatan mendengarkan dan membaca. Kemudian, mengukur keterampilan aktif produktif peserta uji dalam kegiatan berbicara dan menulis,”ungkap Dadang.  

Ia berharap setelah sosialisasi dan tes ini berlangsung (10 s.d. 15 Mei 2019), para guru memiliki gairah untuk meningkatkan kemahiran bahasa Indonesia sehingga dapat menghasilkan siswa yang lebih berkualitas.

“Kami harap melalui kegiatan sosialisasi dan pengujian UKBI ini, para guru dapat mencapai predikat yang kita harapkan, yaitu unggul, sangat unggul, bahkan istimewa,”kata Dadang.

UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilhan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan. (ik,an)

Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa